ABDUL MUNIB NYATAKAN DIRI BERSEDIA SEBAGAI KETUA PWI PAPUA

share on:
Abdul Munib (tengah) didampingi Usman Fakaubun (kanan) dan Arifin Soleh (kiri) (Jubi/Roberth)
Abdul Munib (tengah) didampingi Usman Fakaubun (kanan) dan Arifin Soleh (kiri) (Jubi/Roberth)

Jayapura, 4/9 (Jubi) – Calon kuat Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Papua periode 2014-2019, Abdul Munib, menyatakan kesediaannya untuk menjadi orang nomor satu di PWI Papua yang akan dilangsungkan konferensinya di Hotel Said, Entrop, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (6/9).

Menurut Abdul Munib, dirinya maju dalam bursa calon Ketua PWI Papua karena terdorong ingin memajukan sumber daya manusia wartawan di Papua, juga terdorong ingin membangun Kantor PWI yang sudah tak layak dipandang orang.

“Semula saya tak terpikirkan untuk ada di PWI Papua, dan masa lalu pernah bersama PWI tahun 1993. Namun di putaran terakhir, aspirasi yang diarahkan  teman-teman untuk saya harus rebut itu, karena dipandang secara kebetulan saya punya akses ke kekuasaan,” kata mantan Pemimpin Redaksi SKM Irja Post dalam jumpa persnya yang didampingi mantan Ketua PWI Papua pertama, Usman Fakaubun di Wisma Soccer, Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Kamis (4/9).

Menurut Munib, aspirasi dari teman-teman untuk dirinya memegang jabatan Ketua PWI Papua karena Kantor PWI Papua yang sekarang dari aspek kelayakan mungkin tak dapat disebut kantor, karena langganan banjir. “Itu sebabnya mereka menginginkan figur yang bisa membangun relasi dengan kekuasaan untuk dapat dibangun kantor yang representatif,” katanya.

Munib juga mengatakan, saat ini dirinya benar-benar siap karena sudah memenuhi syarat-syarat sebagaimana yang diatur dalam tata tertib konferensi, dimana calon ketua harus lolos uji kompetensi wartawan (UKW). “Saya baru saja dari Medan mengikuti UKW dan kami lolos,” kata Munib sembari mengatakan keikutsertaannya di Medan karena dirinya tak lolos saat mengikuti UKW di Jayapura.

Di tempat yang sama, mantan Ketua PWI Papua, Usman Fakaubun mengharapkan para kuli tinta di dalam PWI Papua untuk membulatkan suara mendukung Abdul Munib agar yang bersangkutan bisa melakukan perubahan yang besar.

Menurut Usman, tugas seorang Ketua PWI ada tiga, yakni mengurus anggota, meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan kesejahteraan wartawan. Sehinga, dirinya berharap Abdul Munib jika terpilih kelak, dapat membenahi Gedung PWI yang selalu banjir. Harapan lain dari peserta wartawan yang hadir, yakni dipundak Munib yang bersangkutan dapat memposisikan PWI untuk bisa membela wartawan ketika wartawan mendapat masalah.

“Pada periode sebelumnya, wartawan ketika kena masalah, PWI Papua tak pernah unjuk gigi. Hanya teman-teman di organisasi wartawan lain yang getol bela wartawan. Kami harap, Pak Munib jika terpilih nanti dapat membela wartawan saat yang bersangkutan tersandung masalah,” ujar Bento Madubun, salah satu wartawan di Kota Jayapura. (Jubi/Roberth Wanggai)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  ABDUL MUNIB NYATAKAN DIRI BERSEDIA SEBAGAI KETUA PWI PAPUA