300 ORANG RELAWAN DI TOLIKARA AKAN HADIRI PELANTIKAN JOKOWI-JK

share on:
Syukuran kemenangan Jokowi-JK yang dilakukan tim pemenangan di Kabupaten Tolikara. (Jubi/Islami)
Syukuran kemenangan Jokowi-JK yang dilakukan tim pemenangan di Kabupaten Tolikara. (Jubi/Islami)

Wamena, 5/9 (Jubi) – Ratusan simpatisan bersama relawan dan juga tim pemenangan presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) di Kabupaten Tolikara, Papua berencana akan menghadiri pelantikan pada 20 Oktober 2014 mendatang di Jakarta.

Hal itu diungkapkan Yuten Gurik sebagai Ketua Tim Pemenangan Pasangan Jokowi-JK Kabupaten Tolikara yang juga Sekretaris PDIP Tolikara kepada wartawan usai acara pengucapan syukur kemenangan Jokowi-JK di Karuwijaya, Wamena, Jumat (5/9).

Menurut Yuten, saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 20 Oktober mendatang, tim pemenangan Tolikara akan mengirimkan 300 orang ke Jakarta dengan menggunakan anggaran sekitar Rp5 milyar.

“Tim relawan Tolikara telah sepakat di Karubaga pada hari Rabu lalu, tim Jokowi baik itu para pegawai negeri, PPD, tim koalisi dan relawan sebanyak 300 orang ke Jakarta dengan menggunakan dana APBD sebanyak Rp5 milyar, karena kami telah memenangkan Jokowi di Tolikara. Kami yakin dana yang masuk nantinya akan lebih dari itu,” jelas Yuten.

Yuten mengatakan, pemerintah Tolikara telah menganggarakan dana untuk ke Jakarta sekaligus membawa orang-orang tua, masyarakat Tolikara ke Jakarta menghadiri pelantikan. “Yang berangkat seluruh kepala distrik, kepala kampung dan kepala suku. Kami sangat berterima kasih kepada presiden terpilih dalam visinya akan menyalurkan aspirasi masyarakat dan kami tetap berjuang dan akan mengawalnya di daerah,” tegasnya.

Ditambahkan, dalam rangka kemenangan Jokowi sebagai presiden terpilih, maka dilakukan syukuran sekaligus melantik para kepala kampung di beberapa wilayah di Tolikara. “Masyarakat Tolikara dan juga masyarakat pegunungan tengah merasa bangga atas kemenangan Jokowi-JK, maka kami laksanakan syukuran,” katanya.

Tim koalisi dan juga tim relawan Tolikara, kata Yuten, selama lima tahun ke depan akan mengawal jalannya pemerintahn Jokowi. “Dan ke setiap daerah, maka kami tim pemenangan Jokowi Tolikara telah mengangkat kepala suku 36 orang untuk sama-sama tim koalisi dan tim relawan mem-back up atau mengawal dana yang disalurkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini presiden terpilih,” paparnya.

Disisi lain, Ketua Komisi A DPRD Tolikara, Perkinus Kogoya selaku wakil masyarakat mengungkapkan, DPRD adalah bagian dari pada masyarakat yang disuarakan oleh rakyat. Dari masyarakat pendukung Presiden terpilih dapat menyampaikan aspirasinya usulan kepada tim sukses Jokowi-JK untuk memperjuangkan aspirasi mereka.

Diantaranya mereka, ada permintaan diangkat sebagai kepala suku setelah mereka dengar pada saat acara yang dilakukan tim relawan, dan Jokowi sampaikan kepada mereka, tim relawan jangan dibubarkan agar dapat menjadi pengawal pendropingan dana dari pusat ke daerah.

“Harapan kami, presiden terpilih Jokowi, dana itu harus terserap ke masyarakat kecil untuk mensejahterakan rakyat kecil. Kami sebagai representatif masyarakat menyuarakan aspirasi masyarakat yang disampaikan ke tim pemenangan dan ditampung selanjutkan disampaikan ke pemerintah daerah yaitu bupati juga kepada pusat,” ungkap Perkinus.

Keinginan masyarakat yang disampaikan kepada tim sukses ini, kata Perkinus, mereka harus bermitra kepada pemerintah daerah dalam pengelolaan penyelenggaraan pemerintah, di mana dana yang diberikan itu bukan dari Jokowi langsung kepada rakyat namun ada prosedurnya di mana dari pusat masuk ke provinsi lalu dari provinsi ke kabupaten/kota. “Kemudian, terserap ke masyarakat untuk mensejahterakan rakyat di daerah, itu harapan kami,” tandasnya. (Jubi/Islami)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  300 ORANG RELAWAN DI TOLIKARA AKAN HADIRI PELANTIKAN JOKOWI-JK