BELUM SEMUA KABUPATEN DI PAPUA TERIMA BUKU KURIKULUM 2013

share on:
Mendikbud, Moh Nuh Saat Menyerahkan Buku Panduan Kurikulum 2013. (Jubi/Alex)
Mendikbud, Moh Nuh Saat Menyerahkan Buku Panduan Kurikulum 2013. (Jubi/Alex)

 

Jayapura, 9/9 (Jubi) – Meskipun proses belajar mengajar tahun ajaran 2014/2015 telah berlangsung, namun belum semua sekolah, khususnya yang ada di kabupaten Pegunungan Papua menerima buku paket pelajaran kurikulum 2013.

“Dari 29 kabupaten/kota se-Papua, baru dua kabupaten yang sudah menerima buku-buku kurikulum 2013 secara lengkap, yakni Kabupaten Biak dan Supiori,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua, Elias Wonda kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (9/9)

Menanggapi itu, Yunus Wonda mempersilahkan pihak sekolah yang belum menerima buku kurikulum 2013 untuk mememperbanyak buku dari CD (Soft copy) yang dikirim pihaknya melalui dinas pendidikan setempat.

Diakuinya, untuk wilayah persisir pantai, kecuali Kabupaten Biak dan Supiori, semua kabupaten lain yang sudah menerima buku kurikulum 2013, meski baru mencapai 50 sampai 90 persen. Diharapkan dalam minggu ini sisa buku sudah tiba karena dikirim dengan Kapal Pelni dari Surabaya, dan akan langsung di distribusikan ke semua wilayah Papua.

“Kalau sudah datang dalam minggu ini, kami langsung distribusikan, karena proses belajar mengajar tahun ajaran 2014/2015 sudah berlangsung,” ucapnya.

Sebenarnya,  Dinas Pendidikan memasang target pendistribusian buku-buku pelajaran untuk Kurikulum 2013 bakal sampai ke pihak sekolah pada Agustus 2014. “Namun sampai saat ini masih ada sekolah yang belum mendapatkan buku tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, pihaknya memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan di Papua. “Kita sama-sama mempunyai tekad bagaimana pendidikan di Papua maju ke depan. Sama seperti daerah lain di negeri ini,” kata Mohammad Nuh.

“Kurikulum 2013 yang telah dicanangkan berlaku di seluruh Indonesia termasuk Papua. Jadi, tidak ada yang tidak bisa, Papua harus bisa, walaupun banyak guru di Papua yang belum mengikuti pelatihan. Kurikulum 2013 tetap berjalan sambil kita melakukan evaluasi,” ujarnya. (Jubi/Alex)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BELUM SEMUA KABUPATEN DI PAPUA TERIMA BUKU KURIKULUM 2013