GUBERNUR PAPUA MINTA DUA JURNALIS ASING DIBEBASKAN

share on:

 

Gubernur Papua, Lukas Enembe (Jubi/Abe)
Gubernur Papua, Lukas Enembe (Jubi/Abe)

Jayapura, 9/9 ( Jubi ) – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe minta kepada pihak  berwajib ( Imigrasi ) agar segera membebaskan dua wartawan asing yang sementara ini ditahan, kemudian segera memulangkan keduanya ke negara asal.

Dua wartawan asing ini, seperti yang saya dengar, tidak menunjukkan identitas mereka sebagai wartawan, tapi menggunakan visa turis. Ini yang memang salah dan tidak diperkenankan,” kata Gubernur Papua, Lukas Enembe, kepada tabloidjubi, di ruang kerjanya, Selasa (9/9 ).

Meski demikian, Gubernur berharap, mereka berdua dibebaskan saja, jangan sampai penahanan ini, menjadi citra buruk bagi Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Provinsi Papua yang sedang bergerak untuk memajukan wilayah di ujung timur nusantara ini.

Tindakan penahanan itu, lanjut Gubernur, justru akan menghambat program pembangunan di Papua. “ Karena pasti isu di luar negeri tambah tidak bagus. Kalau persoalannya tidak berat, ya sudah dibebaskan dan dikembalikan ke negaranya dengan baik, dari pada nanti menjadi masalah,” ujarnya.

Kata Gubernur lagi, sejak menjadi Gubernur Papua, dirinya selalu tekankan kalau Papua aman dan terbukan bagi wartawan asing untuk masuk ke Papua.

Menurutnya, semakin tertutup terhadap informasi, akan mengundang pertanyaan orang luar, kenapa wartawan tidak bisa masuk? Padahal perubahan yang terjadi sangat luar biasa.” Jadi, perubahan apapun yang terjadi di pelosok tanah Papua, harus diekspos ke luar,” tegasnya. (Jubi/AY )

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  GUBERNUR PAPUA MINTA DUA JURNALIS  ASING DIBEBASKAN