TOKOH PEREMPUAN MINTA BUPATI MIMIKA TUTUP PENJUALAN MIRAS ILEGAL

share on:
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Mimika, Yohanis Bassang (Jubi/Istimewa)
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Mimika, Yohanis Bassang (Jubi/Istimewa)

Timika, 10/9 (Jubi) – Tokoh Perempuan Suku Amungme, Bertha Beanal, berharap Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati, Yohanis Bassang, agar dapat menutup tempat – tempat penjualan minuman keras yang tak berijin untuk mengurangi tindak kriminal di wilayah itu.

“ Karena selama ini tempat hiburan malam maupun tempat penjualan miras itu sebagai salah satu akar terjadinya konflik di daerah ini,” ujar Bertha Beanal, Rabu (10/9).

Selain itu, Bertha Beanal yang juga Kepala Bagian Kepegawaian Kabupaten Mimika ini , mengaku sangat bangga, akhirnya Eltinus Omaleng dan Yohanis Bassang dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati definitif oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe.

“Selama ini Mimika dipimpin oleh orang lain dan akhirnya pada saat ini kembali dipimpin oleh anak adat suku Amungme asli pertama yaitu Eltinus Omaleng menjadi Bupati Mimika di atas negerinya sendiri,” ucapnya.

Dirinya juga mengajak, pasangan kepala daerah itu agar bisa melakukan koordinasi dengan pihak SKPD dan juga dapat melibatkan dua lembaga adat yang ada yaitu Lembaga Adat Masyarakat Amungme (Lemasa) dan Lembaga Masyarakat Adat Kamoro (Lemasko) dalam rangka menangani semua permasalahan yang ada di daerah ini.

Sementara itu, tokoh perempuan Kamoro, Agustina Yataneya mengharapkan, kepada Ketua TP-PKK yang baru saja dilantik beberapa hari lalu, Ibu Nella Omaleng, agar lima tahun ke depan bisa melakukan banyak kegiatan dan program kreatif, termasuk harus bisa turun ke kampung-kampung dan tidak ada perbedaan suku, keluarga ataupun terbawa politik. (Jubi/Eveerth)

 

Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TOKOH PEREMPUAN MINTA BUPATI MIMIKA TUTUP PENJUALAN MIRAS ILEGAL