RATUSAN SUPIR TRUK DEMO DI GUNUNG MERAH

share on:

Demo Sopir Truk
Demo Sopir Truk
Sentani, 10/9 ( Jubi ) – Ratusan supir truk pengangkut bahan galian C yang biasa beroperasi di Kabupetan Jayapura, melakukan aksi demo di lapangan upacara kantor Bupati Kabupaten Jayapura, Kamis (11/9/2014). Mereka menolak kenaikan retribusi bahan galian C yang dianggap terlalu memberatkan.
Jimmy Yaung, koordinator aksi demo para supir truk ini mengaku bahwa peraturan Bupati (Perbub) nomor 36 tahun 2014 yang mulai berlaku pada tanggal 1 September yang lalu ini dirasa cukup memberatkan, dimana retribusi bahan galian menjadi naik dan tidak seimbang dengan penghasilan mereka di lapangan.
“Kenaikan harga bahan galian C sangat memberatkan, sebab kenaikannya rata-rata di atas 100 persen, bahkan ada beberapa material yang dalam retribusinya mengalami kenaikan 200, 250 hingga 300 persen dari tarif retribusi sebelumnya, oleh karena itu hari ini kami berkumpul dan menuntut agar Perbup ini di kaji ulang,” tegas Jimmy Yaung kepada wartawan setelah menyampaikan aspirasi teman-temannya kepada anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Kamis (11/9/2014)
Sementara itu, di tempat terpisah Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Kabupaten Jayapura, Theolipius Tegai mengungkapkan bahwa kenaikan tarif retribusi pajak bahan galian C yang di tuangkan dalam Peraturan Bupati nomor 36 tahun 2014 yang berlaku mulai tanggal 1 September ini mengacu pada Peraturan Daerah nomor 6 tahun 2011 tentang pajak mineral bukan logam dan bantuan dimana pengenaan tarif pajak itu di sesuaikandengan harga jual material yang berlaku di tempat-tempat penjualan.
“Selama ini pungutan yang berlaku sebelum tanggal 1 September mengacu pada Peraturan Bupati nomor 282 tahun 2003. Nah ini kan tarif lama dan tidak susuai dengan harga jual material sekarang, sehingga kami dari pemerintah merasa perlu melakukan penyesuaian di lapangan,” kata Kadispenda.( Jubi/Ang )

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  RATUSAN SUPIR TRUK DEMO DI GUNUNG MERAH