AGUSTUS, 708 ORANG PERIKSA HIV AIDS DI RSUD ABEPURA

share on:
dr. I Gede Made (Jubi/Mawel)
dr. I Gede Made (Jubi/Mawel)

Jayapura, 17/9 (Jubi) – VCT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura merilis data jumlah warga yang melakukan tes HIV/AIDS dalam bulan Agustus. Petugas data menyebutkan ada 708 orang datang memeriksakan kesehatan.

“Kemarin banyak karena ada mahasiswa dari Poltekes. Mereka yang mau kuliah di sana datang periksa,”tutur staf VCT yang tidak mau disebutkan namanya itu kepada media ini di ruang me, Rabu (17/9), Kota Jayapura, Papua.

Petugas VTC mengatakan, Dari total 708 orang yang memeriksakan diri, ada 45 orang diketahui positif HIV/AIDS. Dan dari jumlah itu, hanya 7 orang yang dirujuk menjalani perawatan di ruang VCT RSUD Abepura. Sedang lainnya masih dalam perawatan di klinik yang merujuknya.

Penanggungjawab VCT, dr. I Made Gede Darmaya Sp. PD, mengatakan memang ada kesadaran masyarakat datang ke VCT, hanya jumlahnya jauh dari harapan. Kesadaran mulai ada hanya belum semuanya,”tutur dokter Made di ruang kerja.

Kedepanya, dr. Made mengharapan warga masyarakat dapat datang dengan sukarela memeriksakan diri. “Periksa diri jauh hari sebelum sakit parah. Jangan sakit parah dulu baru datang,”tuturnya.

Kepada mereka yang belum kena, Dokter menganjurkan menjauhi aktivitas yang beresiko. “Jauhi kontak darah, seks bebas, transfusi darah,”ujar dokter Made mencontohkan. (Jubi/Mawel)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  AGUSTUS, 708 ORANG PERIKSA HIV AIDS DI RSUD ABEPURA