SEBAGIAN BESAR SENPI KKB LANNY JAYA MILIK POLISI

share on:
Ilustrasi Senjata Api. (Jubi/Arjuna)
Ilustrasi Senjata Api. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 19/9 (Jubi) – Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyatakan, sebagian besar senjata api (Senpi) Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Lanny Jaya, Papua yang diperkirakan berjumlah 18 pucuk, milik anggota polisi yang dirampas.

“Misalnya ketika penyerangan Pos Kulirik, Puncak Jaya, 4 Januari lalu, kala itu mereka membawa kabur delapan Senpi Laras Panjang. Penyerang Polsek Pirime, 27 November 2012 lalu, satu Senpi laras pendek dan tiga laras panjang dibawa kabur,” kata Juru Bicara Polda Papua, Komisaris Besar (Pol) Sulistyo Pudjo kepada tabloidjubi.com, Jumat (19/9).

Menurutnya, perampasan satu Senpi laras pendek polisi juga terjadi, 30 Mei lalu. Kala itu dua orang anggota polisi Lanny Jaya pulang patroli dengan menggunakan motor dari sekitar Lapangan Terbang Tiom. Mereka dihadang kelompok KKB setempat. “Begitu juga ketika penembakan yang menyebabkan dua anggota polisi meninggal dunia, 28 Juli lalu, dua senpi dibawa kabur oleh KKB pimpinan Puron Wenda dan Erin Enden Wanimbo. Ada juga yang milik TNI dirampas,” ujar Pudjo.

Mengenai asal amunisi yang digunakan para KKB itu, kata Pudjo, ada yang berasal dari negara tetangga seperti Philipina Selatan dan Papua New Guinea (PNG). “Misalnya amunisi dari Philipina Selatan dan PNG yang disita Tim Khusus Polda Papua beberapa bulan lalu. Sesuai keterangan orang yang ditangkap, amunisi itu akan dipasok ke Lannya Jaya,” katanya.

Namun lanjut Podjo, meski polisi telah menetapkan pimpinan KKB Lanny Jaya masuk Daftar Pencarian Orang (DPO), namun Polda setempat tak memberikan batas waktu kapan yang bersangkutan ditangkap.

“Tidak ada batas waktu. Yang pasti polisi akan terus mengejar dan mencari dia. Kalau masalah sampai kapan pasukan Brimob ada di Lanny Jaya, saya tapi saya tidak bisa sampaikan, sampai kapan. Itu strategi pertempuran. Yang jelas akan selalu dirolling,” ujarnya.

Sehari sebelumnya, Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Yotje menyatakan, KKB pimpinan Puron Okiman Wenda memiliki senjata Arsenal atau senjata mesin.

“Senjata mereka sekitar 19 pucuk. Terakhir sudah disita satu lagi jenis revolver. Jadi, mereka masih memegang sekitar 18 senjata, termasuk sepucuk senjata jenis Arsenal yang dirampas di Puncak Jaya 2012 lalu. Itu yang mereka pakai untuk melawan kami,” kata Kapolda Yotje Mende. (Jubi/Arjuna) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SEBAGIAN BESAR SENPI KKB LANNY JAYA MILIK POLISI