Kata Siapa Pelajar Wajib Jadi Anggota Pramuka?

share on:
apel besar dalam rangka HUT Pramukake 52 tahun (jubi/sindung)
apel besar dalam rangka HUT Pramukake 52 tahun (jubi/sindung)

Jayapura, ( Jubi ) -Guna menepis anggapan adanya kewajiban bagi para siswa untuk mengikuti kegiatan  Pramuka, Ratusan guru bidang studi dari semua jenjang pendidikan diberikan pemahaman yang komprehensif terkait penerapannya dengan benar.

“Sehingga diharapkan para guru benar membuat program pembelajaran yang mengajarkan perubahan sikap, pengetahuannya, ketrampilan sesuai dengan mata pelajarannya, meskipun dikaloborasikan dengan pendidikan pramuka,” ungkap Christine L Mano, Wakil Ketua Kwarcab Kota Jayapura, belum lama ini.

Katanya, meskipun pramuka dalam kurikulum 2013 merupakan pendidikan wajib yang harus diikuti oleh setiap siswa semua jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK akan tetapi mereka  tidak diwajibkan jadi anggota Pramuka.

“Menjadi anggota pramuka itu merupakan pilihan pribadi mereka,” tambah Chritsine.

Katanya, pemberian sosialisasi ini kali pertama kali dilakukan,  diharapkan guru memahami implementasinya dengan benar.

Hal senada juga dikemukakan Udin Rama Zakir, pendamping kurikulum 2013 Dinas Pendidikan Provinsi Papua yang ingin meluruskan pemahaman semua  mengenai frasa wajib pramuka akan tetapi pendidikan kepramukaan.

“Guru harus paham minimal standar minimal dasar pramuka, bagaimana mengajarkan kedisiplinan akan tetapi guru sendiri tidak mencontohkan siap disiplin,” ungkapnya. ( Jubi/Sindung)

Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kata Siapa  Pelajar  Wajib Jadi Anggota  Pramuka?