Enam Daerah Dibekali Renstra dan Advokasi Bagi Pengelola Program KKB

share on:
Suasana Pelatihan Renstra dan Advokasi Pengelola Program KKB (Jubi/Roberth)
Suasana Pelatihan Renstra dan Advokasi Pengelola Program KKB (Jubi/Roberth)

Jayapura, Jubi – Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Nerius Auparay berharap peserta pelatihan rencana strategi (renstra) dan advokasi terapan bagi pengelola program kependudukan dan keluarga berencana (KKB) kabupaten/kota yang diikuti enam kabupaten/kota se-Provinsi Papua dapat memberi manfaat yang sebesarnya untuk kemudian diterapkan di kabupaten/kota.

“Ini dapat memberikan manfaat bagi kita dalam pelaksanaan kependudukan dan keluarga berencana di Provinsi Papua. Harapan saya setelah dilatih, tim advokasi dari Provinsi akan melanjutkan tugasnya ke kabupaten/kota,” kata Auparay di sela-sela sambutan pembukaannya, Senin (22/9).

Menurut Auparay, dalam menyusun renstra butuh waktu. Itulah sebabnya para peserta dari kabupaten/kota setelah menimbah ilmu dapat mengadvokasi pemerintah daerah (Pemda) setempat. “Ini kesempatan untuk dapat pengetahuan dan keterampilan dari tim Jakarta. Saya harap dari pusat untuk dampingi teman-teman dalam proses pelatihan ini karena penting bagi bapak ibu sekalian,” katanya.

Deputi Keluarga Berencana (KB) Kencana, Dr. Wicaksono, Sp.Og M.Kes mengatakan secara umum pihaknya harapkan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan. Ini perlu sebuah usaha advokasi terus menerus sehingga nantinya sebuah prencanaan dapat dukungan penuh dari stakeholder.

“Bahwa nantinya pengetahuan tentang pengetahuan KB dan Pemberdayaan Keluarga semakin meningkat, juga dapat meningkatkan keterampilan dalam menghitung biaya karena manfaatnya kelihatan,” kata Wicaksana di Hotel Sahid Entrop Jayapura tempat berlangsung kegiatan tersebut.

Ketua Panitia, Agus Fauzi mengatakan, kegiatan diselenggarakan 22-27 September dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan dan advokasi program KKBPK bagi stakeholder, pengelola program KKB dan mitra kerja di tingkat Provinsi serta Kabupaten/Kota.

“Hasil yang diharapkan tersusunnya pengembangan draft rencana strategis daerah dan rencana advokasi KB di Kabupaten/Kota,” ungkap Agus Fauzi sembari merinci enam kabupaten/kota tersebut, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Biak Numfor, Nabire, Mimika dan Merauke. (Roberth Wanggai)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Enam Daerah Dibekali Renstra dan Advokasi Bagi Pengelola Program KKB