Kejari akan Panggil Mantan Penjabat Bupati Mimika untuk Kedua Kalinya

share on:
Ilustrasi Kantor Kejati Papua - Jubi/Arjuna
Ilustrasi Kantor Kejati Papua – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika, Papua akan memanggil kedua kalinya mantan penjabat setempat, Ausilius You yang jadi tersangka dugaan korupsi sejak Juli lalu.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, E.S. Maruli Hutagalung mengatakan, penggilan kedua akan dilayangkan Kejari Mimika lantaran yang bersangkutan tak hadir ketika panggilan pertama.

“Rencanya dia akan diperiksa, Jumat (19/9) lalu oleh penyidik Kejari Mimika di Kejaksaan Tinggi Papua. Tapi dia tidak datang. Penasehat hukumnya yang datang menyampaikan kalau kliennya sedang sibuk. Akan dijadwalkan lagi panggilan kedua. Mengenai itu kapan, tergantung Kejari Mimika,” kata Maruli via selulernya kepada sejumlah wartawan, Senin (22/9).

Menurutnya, Ausilius jadi tersangka dugaan korupsi rehabilitasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Timika pada 2012 senilai Rp 410 juta, ketika yang bersangkutan menjabat Kepala Dinas Pendidikan setempat. Kala itu pengerjaan baru rampung 65 persen. Namun dana yang dicairkan sudah 100 persen. “Dia kan sudah jadi tersangka. Tapi karena tidak datang ketika panggilan pertama, sehingga pemeriksaan dibatalkan,” ucapnya.

Kata Maruli, jika yang bersangkutan kembali tak datang ketika kejaksaan memanggil untuk kedua kalinya. Namun kalau tersangka masih tak mau memenuhi panggilan ketiga, akan dilakukan pemanggilan paksa. “Prosedurnya kan begitu. Kalau tersangka sudah diperiksa di Kejati pasti akan ditahan,” katanya. (Arjuna)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kejari akan Panggil Mantan Penjabat Bupati Mimika untuk Kedua Kalinya