Polda Papua akan Jamin Keamanan Turis ke Puncak Cartenz

share on:
Puncak Gunung Cartenz - Jubi/belantaraindonesia.org
Puncak Gunung Cartenz – Jubi/belantaraindonesia.org

Jayapura, Jubi – Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyatakan akan member jaminan keamanan bagi turis yang berkunjung ke Puncak Cartenz, jika wilayah itu resmi dijadikan unggulan wisata di Papua.

Juru Bicara Polda Papua, Komisaris Besar (Pol) Sulityo Pudjo mengatakan, sejak dulu polisi siap memberikan rasa aman kepada para turis yang masuk ke Papua.

“Sejak dulu kami selalu siap dan itu tidak jadi masalah. Kan kapolda lama juga sangat mendukung Puncak Cartenz dijadikan salah satu tempat wisata,” kata Sulistyo Pudjo kepada tabloidjubi.com, Selasa (23/9).

Hanya saja menurutnya, rencana menjadikan Puncak Cartenz sebagai unggulan wisata masih dalam proses, sehingga tentu pihaknya belum bisa memutuskan langkah seperti apa yang akan diambil nantinya.

“Kalua masalah apakah nanti akan dibangun pos pengamana di wilayah itu, akan dilihat nanti seperti apa. Itu harus dikoordinasikan dengan Polisi Kehutanan, dinas pariwisata dan instansi lainnya, termasuk BNPB. Jangan sampai polisi melangkai kewenangan mereka,” ucap Pudjo.

Namun kata Pudjo, pihaknya berharap keberadaan Puncak Cartenz di Papua bisa member manfaat bagi warga sekitar terutama yang berada di wilayah Kabupaten Mimika, Intan Jaya dan Jayawijaya.

“Sebelum-sebelumnya kan, banyak travel wisata yang dibantu masyarakat. Puncak Cartenz ini kan salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia,” kata Pudjo.

Sebelumnya Direktur Cartensz Adventure, Maximus Tipagau mengatakan, Menteri Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Marie Elka Pangestu mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menandatangani Prasasti Puncak Cartensz sebagai daerah unggulan wisata dan Kampung Ugimba sebagai desa wisata di Papua, 23 September 2014 di Jakarta.

“Menparakraf akan membubuhkan tanda tangan mewakili Presiden SBY bersama beberapa pihak seperti Pemda Provinsi Papua, Pemda Kabupaten Intan Jaya dan tokoh-tokoh masyarakat dari Desa Ugimba juga telah diundang untuk menyaksikannya secara langsung,” kata Maximus beberapa hari lalu. (Arjuna) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polda Papua akan Jamin Keamanan Turis ke Puncak Cartenz