Kapolda Papua Minta Bupati Intan Jaya Ikut Redam Bentrok Brimob-Warga

share on:
Kapolda Papua Inspektur Jenderal (Pol) Yotje Mende - Jubi/Arjuna
Kapolda Papua Inspektur Jenderal (Pol) Yotje Mende – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Kepolisian Daerah (Polda) Papua meminta Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni berperan aktif menyelesaikan gesekan antar warga setempat dengan anggota Brimob yang diperbantukan di wilayah itu.

Kapolda Papua, Inspektur Jendral (Pol) Yotje Mende mengatakan dirinya  telah menyampaikan hal itu kepada bupati setempat.

“Saya sudah tegur bupati kemarin (Selasa,30/9), saya bilang anak buah saya dikeroyok di Intan Jaya. Beliau menyatakan hari ini akan kembali ke sana. Hal seperti ini harus ditanggapi serius, karena terkait masalah konflik di daerahnya, bupati yang harus bertanggungjawab,” kata Kapolda Yotje, Rabu (1/10).

Menurutnya, hal itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2 tahun 2013 dalam menangani konflik.  “Tapi situasi Intan Jaya khususnya ibukota kabupaten, Sugapa kondusif. Dugaan sementara miras dan mereka main sepak bola dalam keadaan mabuk,” ucapnya.

Kata Kapolda, sekelompok pemuda yang diduga mabuk itu lalu menghadang dan melempari dua anggota Brimob yang kala itu kebetulan melintas di sekitar lapangan sepak bola.

“Mereka yang lempar anak buah saya dan kena kepala. Anak buah saya juga tidak mau mati konyol, lalu memanggil temannya. Guna meredam situasi, mareka mengeluarkan tembakan peringatan,” katanya. (Arjuna Pademme)

Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kapolda Papua Minta  Bupati Intan Jaya Ikut Redam  Bentrok Brimob-Warga