Cabor Sepak Takrauw Papua Target ke Popnas

share on:
Atlit Sepak Takrauw Saat Latihan di Halaman GOR APO Jayapura (Jubi/Roberth)
Atlit Sepak Takrauw Saat Latihan di Halaman GOR APO Jayapura (Jubi/Roberth)

Jayapura, Jubi – Cabang olahraga (cabor) Sepak Takrauw yang bernaung di bawah Pengprov Persatuan Sepak Takrauw Indonesia (PSTI) Papua memang baru. Kondisi ini bisa dimaklumi, karena cepat atau lambat mulai menunjukkan pembinaan yang sistematis. Bahkan cabor yang dinahkodai Elia Laupatty mematok target lolos ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) tahun 2015. Padahal mereka tidak ditampung layaknya cabor lainnya yang ditampung pada diklat PPLP.

“Mereka rata-rata dari klub Tunas Inti (Indonesia Timur) yang bermarkas di APO,” kata pelatihnya, Ahmad Yamin saat memandu latihan di halaman GOR APO Jayapura, Papua, Kamis, (2/10).

Sepak Takrauw Papua kini disiapkan ke Pekan Olahraga Wilayah (Popwil) di Manado Sulawesi Utara yang akan dihelat tanggal 3-9 November 2014.

“Seluruh daerah yang ikut Popwil adalah dari Diklat PPLP setempat, kecuali Papua. Kami cuma klub Tunas Inti. Kita targetkan mudah-mudahan bisa lolos ke Popnas,” kata Yamin.

Kurang lebih 18 atlit junior yang rata-rata pelajar disiapkan mengikuti TC berjalan untuk persiapan ke ajang Popwil. Dari 18 atlit itu akan diciutkan hingga 9 atlit hasil seleksi. Sebagaimana Popwil tersebut akan diikuti 8 Provinsi, dan diakui Yamin cukup berat, karena kantong atlit potensial rata-rata dari Sulawesi.  8 Provinsi itu, Palu, Ternate, Gorontalo, Papua Barat, Manado,  Kendari, Maluku dan Papua.

Onesimus Asaribab, salah satu anak Papua yang suka olahraga sepak takrauw mengaku tertarik ikut olahraga tersebut, karena ada peluang. Pasalnya di bola kaki banyak saingan, sementara di sepak takrauw, tidak banyak anak Papua disitu. Dia mengatakan sudah 3 tahun dia bergelut di takrauw sejak masih SMA.  (Roberth Wanggai)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Cabor Sepak Takrauw Papua Target ke Popnas