Kiribati Investasi Lahan di Fiji

share on:
Peta Kiribati (IST)
Peta Kiribati (IST)

Jayapura, Jubi – Presiden Kiribati, Anote Tong, menyampaikan penghargaan kepada Fiji karena menjadi satu-satunya negara yang menawarkan “surga” bagi rakyat Kiribati dari ancaman naiknya permukaan laut.

Rilis resmi dari kantor Presiden Kiribati (1/10) mengatakan kesediaan Fiji untuk mengakomodasi orang-orang Kiribati sangat memuaskan dan memberikan rakyatnya harapan. Tong mengatakan tawaran dari Presiden Fiji Ratu Epeli Nailatikau memberi harapan pemerintahnya.

“Dia membuat pernyataan yang sangat besar pada masyarakat internasional dan apa yang presiden katakan merupakan tanggapan yang sangat manusiawi. Apa yang dia katakan : Jika pernah Kiribati menemukan diri mereka dalam situasi di mana mereka harus pindah, maka Fiji akan bersedia untuk pindah.” tulis Tong.

Media Fiji melaporkan Anote Tong telah mengkonfirmasi Kiribati membayar lebih dari US$8.12 juta untuk sebidang tanah tanah di pulau utara Vanua Levu yang diperuntukan pada kelompok gereja.

“Budidaya makanan telah dikompromikan di atol Kiribati karena perubahan iklim dan tanah di Fiji jauh lebih cocok untuk pertanian.” kata Anote Tong (1/10).

Tong mengatakan tanah akan menawarkan ketahanan pangan bagi Kiribati di masa depan.

“Keputusan untuk berinvestasi di bidang properti muncul dari keprihatinan atas kerugian yang terjadi di pasar keuangan internasional.” lanjut Tong. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kiribati Investasi Lahan di Fiji