Peringatan Tsunami Akan Lebih Akurat di Pasifik

share on:
Kehancuran yang diakibatkan oleh tsunami di Samoa Amerika tahun 2009 lalu (RNZI)
Kehancuran yang diakibatkan oleh tsunami di Samoa Amerika tahun 2009 lalu (RNZI)

Jayapura, Jubi – Pusat Tsunami Pasific di Hawaii telah mengubah sistem peringatan Tsunami mereka untuk memberikan peringatan yang lebih spesifik bagi negara-negara kepulauan di Pasific.

Direktur Manajemen Darurat Pertahanan Sipil New Zealand, John Hamilton mengatakan penting untuk dicatat bahwa sebelum perubahan ini, peringatan yang dikeluarkan oleh Departemennya adalah peringatan tsunami resmi di Selandia Baru. Otoritas ini masih ada dalam perubahan sistem di bawah perubahan pada sistem Pusat Tsunami Pasific.

“Pesan Pusat Tsunami Pasific adalah tanda untuk memulai respon Selandia Baru jika ada yang diperlukan,” kata Hamilton melalui rilis Kementrian Manajemen Darurat Pertahanan Sipil New Zealand yang diterima Jubi, Rabu (1/10) malam.

Namun Hamilton juga meyakinkan publik Selandia Baru, Kementeriannya menggunakan informasi serta penilaian tambahan dengan GNS Science untuk memutuskan status ancaman bagi Selandia Baru.
“Peringatan dan nasihat kami akan terus berada dalam format yang sama. Hanya informasi media dan lain-lain yang didapat dari Pusat Tsunami Pasific yang akan terlihat berbeda,” ujar Hamilton.

Perubahan sistem ini, dilakukan atas permintaan beberapa negara Pasifik, seperti Fiji, yang baru-baru ini menerima peringatan Tsunami yang tidak perlu, setelah terjadi gempa bumi di Vanuatu dan Tonga.

Gerard Fryer, ahli Geofisika di Pusat Tsunami Pasifik mengatakan negara-negara Pasifik juga ingin kedaulatan tentang siapa yang harus memperingatkan warga mereka.

Fryer mengatakan permintaan negara-negara kepulauan ini telah menghasilkan produk baru, yang disebut Ramalan Tsunami. Produk ini akan memberikan antara lain, ketinggian gelombang dan waktu perjalanan gelombang. Ramalan ini akan disampaikan kepada otoritas bencana nasional yang kemudian akan memutuskan apakah perlu mengeluarkan peringatan pada warga negaranya atau tidak.

“Kita berharap peringatan menjadi jauh lebih handal. Peringatan yang salah akan berkurang dan pemahaman yang lebih besar tentang apa yang akan dan sedang terjadi akan membantu penduduk setempat melakukan respon.” kata Fryer. (Victor Mambor)

Tags:
Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Peringatan Tsunami Akan Lebih Akurat di Pasifik