Gubernur Tandatangani Enam SK Pelantikan DPRD

share on:
Sekda Papua, Hery Dosinaen (kiri) Saat Berdiskusi Dengan Dubes India, Gurdjit Singh, Beberapa Waktu Lalu. Jubi-Alex
Sekda Papua, Hery Dosinaen (kiri) Saat Berdiskusi Dengan Dubes India, Gurdjit Singh, Beberapa Waktu Lalu. Jubi-Alex

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mengaku, Gubernur Lukas Enembe telah menandatangani enam surat keputusan (SK) pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk enam kabupaten/kota.

Enam kabupaten/kota tersebut adalah, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Asmat, Keerom, Mappi, dan merauke. Sementara daerah lainnya masih dalam proses dan ada juga yang belum mengusulkan.

“Sampai hari ini baru enam SK yang ditandatangani gubernur tentang keanggotaan untuk DPRD Kabupaten/Kota termasuk Kota Jayapura yang sudah diambil sumpah dan janji Selasa (7/10) kemarin,” kata Hery Dosinaen kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Rabu (8/10).

Menanggapi itu, Dosinaen berharap kabupaten yang belum usulkan agar segera mengusulkan. Apalagi masa bhakti anggota DPRD bervariasi.

“Anggota DPRD Kota Jayapura merupkan yang pertama kali dilantik. Sementara daerah lain dikarenakan banyak tuntutan kepentingan elit-elit lokal di daerah yang cukup signitifikan, sehingga terjadi pro dan kontra. Disamping itu kepentingan bupati dan kepentingan kelompok tertentu membuat proses menjadi lambat,” katanya.

Agar bisa berjalan baik, ujar Dosinaen, dirinya telah memerintahkan Kepala Kesbangpol dan Kepala Biro Hukum Papua untuk memberikan jawaban terhadap beberapa bupati yang notabennya memberikan usulan tidak sesuai dengan persyaratan atau hal-hal yang harus dipersyaratkan.

“Banyak kabupaten yang belum mengusulkan maupun sudah diintervensi oleh bupati, sehingga apa yang diusulkan menjadi perubahan. Contoh di Mimika, yang sudah diusulkan sebelumnya oleh penjabat bupati, sekarang di tarik lagi oleh bupati definitif dan dirubah lagi, sehingga harus menunggu,” kata Dosinaen.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Papua, Musa Isir mengatakan, kabupaten yang sementara dalam proses dan tinggal menunggu tanda tangan Gubernur adalah Kabupaten Biak, Pegunungan Bintang dan Puncak Jaya.

“Kabupaten lain masih menunggu untuk di proses SK nya. Setelah SK pelantikan sudah selesai, selanjutnya proses pelantikan akan ditentukan masing-masing kabupaten,” kata Musa Isir. (Alexander Loen)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Tandatangani Enam SK Pelantikan DPRD