DAB Minta Wartawan Asing dan Areki Wanimbo Dibebaskan

share on:
Thomas dan Valentine -Jubi/Indrayadi-TH
Thomas dan Valentine -Jubi/Indrayadi-TH

Jayapura, Jubi – Dewan Adat Baliem (DAB) meminta polisi dan pihak imigrasi membebaskan dua wartawan asal Prancis, Thomas Charles Dandois dan Louise Valentina Burrot atas dugaan penyalahgunaan visa serta tokoh dewan adat Lani Jaya Papua, Areki Wanimbo yang ditahan polisi lantaran diduga ikut membantu kedua jurnalis asing itu.

Ketua Dewan Adat Baliem, Lemok Mabel mengatakan, Areki diduga membantu Thomas Charles Dandois dan Louise Valentina Burrot ke wilayah Jayawijaya, Papua. Namun kata Lemok, seorang kepala suku tak bisa menolak jika ada orang yang ingin bertemu dengannya dengan niat baik.

“Seorang kepala suku harus bisa menerima siapa saja yang masuk ke daerahnya. Tidak bisa beliau menolak. Itulah jiwa kepemimpinan seorang kepala suku,” kata Lemok Mabel kepada Jubi, Kamis (9/10).

Selain itu menurutnya, Dewan Adat Baliem juga meminta agar Thomas Charles Dandois dan Louise Valentina Burrot dibebaskan. Lemok Mabel menilai apa yang dilakukan keduanya bukanlah kasus yang berat.

“Kalaupun sebenarnya kedua wartawan itu menyalahgunakan visa, itu lantaran mereka sulit masuk ke Papua dengan status wartawan,” ucapnya.

Kata Lemok Mabel, sistemlah yang membuat keduanya masuk ke Papua dengan menyamar sebagai turis. “Sistem yang membuat mereka sulit masuk ke Papua, sehingga mereka pakai visa turis. Jadi kami mau mereka dibebaskan dari semua tuduhan,” katanya.

Sementara kuasa hukum dua jurnalis Prancis, Aristo Pangaribuan mengatakan, kemungkinan besar kliennya akan bebas tanpa syarat, lantaran masa tahanan mereka akan berakhir, Senin (13/10) mendatang.

“Sesuai prosedur, selama berkas yang telah dilimpahkan ke kejaksaan, pihak imigrasi tidak dapat memperpanjang masa penahanannya. Jangka waktu penahanannya mereka pada 13 Oktober 2014, kalau misalnya belum selesai atau penyerahan tahap kedua. Maka demi hukum,  keduanya bebas dari tahanan,” kata Aristo lewat telepon selulernya, Rabu (8/10). (Arjuna Pademme) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DAB Minta Wartawan Asing dan Areki Wanimbo Dibebaskan