Gempa Hantam Bagian Selatan Selandia Baru

share on:
Lokasi gempa yang terjadi kemarin (13/10) sekitar pukul 18:15 waktu setempat, berpusat di 115 kilometer barat Tuatapere (Google Map)
Lokasi gempa yang terjadi kemarin (13/10) sekitar pukul 18:15 waktu setempat, berpusat di 115 kilometer barat Tuatapere (Google Map)

Jayapura, Jubi – Gempa berkekuatan 6.2 skala richter menghantam dataran rendah Pulau Bagian Selatan, Selandia Baru.

GeoNet melaporkan gempa yang terjadi kemarin (13/10) sekitar 18:15 waktu setempat, berpusat di 115 kilometer barat Tuatapere, South Islands.

Seorang manajer di Manajemen Darurat Selandia Baru, Neil Cruickshank mengatakan gempa berlangsung sekitar 20 detik. Gempa ini tidak berlangsung tiba-tiba, namun bergerak perlahan dari pusat gempa.

Selain di South Islands, kemungkinan gempa juga dirasakan warga yang tinggal di bagian Otago.

Sebelum terjadi gempa 6.2 skala richter ini,  gempa berkekuatan 4,4 terjadi lebih dulu pada jam 06:30. Gempa ini berpusat 85 km sebelah barat dari Tuatapere.

Polisi setempat mengatakan tidak ada laporan kerusakan yang diterima.

Awal tahun 2014, gempa berkekuatan 6.2 skala richter terjadi di bagian utara Selandia Baru (North Islands). Gempa ini merusak beberapa rumah dan mengakibatkan listrik mati selama beberapa hari. Gempa ini disebabkan oleh jatuhnya lempengan bumi di dasar North Islands.

Gempa ini berpusat di 15 km timur dari Eketahuna di Kabupaten Tararua. Puluhan gempa susulan terjadi antara 4,3 dan 2,1 skala richter.

Nerridy Kerrison, seorang warga yang  tinggal di sebuah peternakan di luar Eketahuna mengatakan dia dan anak-anaknya sangat ketakutan karena rumah mereka bergetar sangat keras, saat gempa terjadi.
“Anak-anak tidak pernah merasakan yang seperti ini sebelumnya. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan. Bahkan anjing berlari ke kami dan kuda di istal kami seperti menjadi gila.” kata Kerrison tentang gempa yang terjadi awal tahun ini. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gempa Hantam Bagian Selatan Selandia Baru