Kadin Papua Akan Tertibkan Anggotanya

share on:
Wakil Ketua Kadin Papua, Boy Markus Dawir - Jubi/Arjuna
Wakil Ketua Kadin Papua, Boy Markus Dawir – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Kamar Dagang Industri (Kadin) Papua akan menata dan menertibkan para anggotanya. Baik yang ada di provinsi maupun kabupaten dan kota.

Wakil Ketua Kadin Papua yang juga Koordinator Wilayah I Kadin Papua, Boy Markus Dawir mengatakan, hal itu dilakukan dalam rangka pembinaan organisasi, Kadin Papua kedepan.

“Kami akan lakukan itu dalam waktu dekat. Terutama anggota Kadin yang ada di wilayah I yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi. Kami akan tertibkan dunia usaha agar ada dalam satu wadah yang jelas,” kata Boy Dawir, Selasa (13/10) malam.

Menurutnya, Kadin merupakan mitra pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Untuk itu, kedepan dalam mendukung pemerintah, sasarannya harus terarah.

“Kami akan sama-sama mendorong pertumbuhan ekonomi yang baik kedepan. Jangan sampai Kadin membina anggotanya, namun pasarannya tidak ada,” ucapnya.

Dikatakan, Kadin Papua akan melihat kembali kepengurusan Kadin di kabupaten dan kota. Jika sudah ada Kadin yang memiliki struktur pengurus dan punya kantor, maka kepengurusan yang ada akan dilanjutkan.

“Kalau tidak ,akan ditinjau kembali untuk membentuk Kadin yang habis masa berlaku kepengurusannya. Makanya kami harapkan pengurus dan anggota Kadin di daerah dan provinsi agar memiliki Kartu Tanda Anggota guna memudahkan kami,” katanya.

Kata Boy, jangan sampai ada yang tidak jelas lalu mau mencalonkan diri jadi ketua Kadin. Padahal ada mekanisme yang harus dilakukan. Menjadi Ketua Kadin lanjutnya, minimal harus lima tahun terdaftar sebagai anggota atau sudah pernah menjadi pengurus organisasi itu.

“Dunia usaha sangat berperan dalam mendorong percapatan pembangunan di daerah. Tapi di Papua dunia usaha lebih bergantung kepad pemerintah. Kami ingin mendorong percepatan dunia usaha di Papua agar lebih baik. Pertama kami menata kelembagaannya. Kalau sudah bagus lembaganya, asosiasi lagi yang diperbaiki,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Kadin Provinsi Papua, Adolof Alpius Asmuruf mengatakan, pihaknya akan merangsang pertumbuhan ekonomi memajukan sektor ekonomi di Papua dengan memberdayakan masyarakat asli lebih khusus.

“Kami merangsang pertumbuhan ekonomi Papua dengan memberdayakan masyrakat asli Papua di sektor perdagangan. Selama ini sektor ekonomi Papua lebih banyak didominasi masyarakat non Papua,” kata Adolf Asmuruf. (Arjuna Pademme) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kadin Papua Akan Tertibkan Anggotanya