Perda Miras di Papua akan Diperbaiki

share on:
Bupati dan Forkopimda saat melakukan pemusnahan miras secara simbolis. (Jubi/Islami)
Bupati dan Forkopimda saat melakukan pemusnahan miras secara simbolis. (Jubi/Islami)

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua, Septinus Hamadi mengatakan, karena adanya klarifikasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), maka Peraturan Daerah (Perda) Miras akan dilakukan perbaikan.

“Jadi, ada perbaikan oleh Mendagri, dimana Perda Miras Papua bukan melakukan pemberhentian tetapi dilakukan pembatasan peredaran miras, itu yang harus dilakukan konfirmasi ke DPR Papua untuk pembahasan,” kata Septinus Hamadi kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Senin (13/10).

Dengan adanya klarifikasi dari Kemendagri, ujar Hamadi, maka akan dilakukan pembahasan dengan Biro hukum untuk selanjutnya akan dibawa ke DPR Papua, karena DPR Papua yang akan merubah bukan pemerintah provinsi.

“Saat ini kami sedang melakukan koordinasi dengan Biro Hukum, karena ada sejumlah pasal yang harus disesuaikan, tidak lagi melarang peredaran miras tetapi membatasi. Namum melihat waktu, hal ini akan dibahas oleh anggota DPR Papua yang baru,” kata Hamadi.

Sebelumnya. Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano mengatakan tidak akan mengeluarkan ijin kepada distributor minuman keras (miras) yang beroperasi dengan ijin dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua.

“Mereka yang sudah miliki ijin dari provinsi jika ingin mengurus lagi di BPPTSP, kita tidak akan mengeluarkan ijin itu kepada mereka,” kata Tommy Mano.

Mano mengaku, telah menemukan dua distributor miras yang tidak memiliki ijin dari Kota Jayapura, namun beroperasi di Kota Jayapura.

“Langkah yang akan kami lakukan adalah penertiban ijin penjualan. Kalau mereka tidak memiliki ijin menjual di kota, minumannya akan kita sita dan kita musnahkan. Satu usul yang saya minta dari Pemerintah Provinsi Papua lewat Disperindag Provinsi ,jangan mengeluarkan ijin penjualan miras lagi di Kota Jayapura,” katanya.

Mano menyatakan, miras ini bukan salah satu pendapatan untuk PAD Kota Jayapura, ada hal lain yang dapat digali untuk dijadikan PAD Kota Jayapura. (Alexander Loen)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perda Miras di Papua akan Diperbaiki