Disnukcapilkertrans Puncak Kirim 30 Siswa Kursus di BLKI Papua

share on:
Peserta Kursus Meubeleur, Roda Dua dan Tata Busana Asal Kabupaten Puncak Saat Pembukaan di Hotel Nijo BLKI Pasir II Kota Jayapura (Jubi/Roberth Wanggai)
Peserta Kursus Meubeleur, Roda Dua dan Tata Busana Asal Kabupaten Puncak Saat Pembukaan di Hotel Nijo BLKI Pasir II Kota Jayapura (Jubi/Roberth Wanggai)

Jayapura, Jubi – Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnukcapilkertrans) Kabupaten Puncak mengirim 30 siswa siswinya mengikuti kursus meubeler, tata busana dan sepeda motor di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Provinsi Papua, Pasir II Kota Jayapura.

Kursus  selama sebulan itu, melibatkan putra putri asli setempat, yang dibuka Kepala BLKI Provinsi Papua, Jhon Naa.

“Ini adalah langkah yang bagus. Kalau bisa jangan hanya pada tingkat dasar, tapi ada tingkat menengah dan lanjutan,” harap  Naa di ruang pertemuan Hotel Nijo BLKI Pasir II, Rabu (15/10).

Saat ini di BLKI kata Naa, ada 17 sub kejuruan, kecuali pertanian. Khusus untuk kursus sepeda motor dan meubeler akan belajar atau kursus selama 30 hari, sementara  kursus menjahit atau tata busana akan ditatar selama 14 hari.

“Saya pesan untuk Disnukcapilkertrans Kabupaten Puncak, nanti setelah siswa dilatih kalau bisa kembali koordinasi dengan Kepala Dinas atau Bupati supaya mereka tidak hanya diberi pelatihan, tapi juga dikasih modal untuk buka usaha. Ini dimaksudkan untuk tidak terputus keterampilan mereka agar tenaga kerja siap pakai,”kata Naa.

Kepala Seksi Kependudukan Kabupaten Puncak, Theopilus Anes dalam laporannya mengatakan, kursus tersebut bertujuan  meminimalisir jumlah pengangguran yang ada di Kabupaten Puncak dengan menggunakan dana APBD tahun 2014 sebesar Rp 1,3 miliar.(Roberth Wanggai)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disnukcapilkertrans Puncak Kirim 30 Siswa Kursus di BLKI Papua