JW DW Dituntut Enam Tahun Penjara

share on:
Doren Wakerkwa Saat Menjalani Persidangan - Jubi/Aprila
Doren Wakerkwa Saat Menjalani Persidangan – Jubi/Aprila

Jayapura, Jubi – Dua tersangka kasus korupsi Doren Wakerkwa dan rekannya John Way, pada kasus korupsi di Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Lanny Jaya, 2011 lalu sebesar Rp 3 Miliar dituntut enam tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum Pengadilan Negeri Klas IIA Abepura, Jayapura, Papua, Rabu (15/10).

“Tersangka Doren Wakerkwa melanggar Undang-undang Nomor 33 Tahun 1999 Pasal 3 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001, tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 21 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi,” kata Julianus D. Teuv, Jaksa Penuntut Umum dalam persidangan ini.

Lanjut Julianus, sebelum sampai pada tuntutan terhadap diri terdakwa, pihaknya mengungkapkan hal-hal yang turut dipertimbangkan dalam mengajukan tuntutan pidana ini. Hal-hal yang memberatkan, terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah untuk memberantas tindak pidana korupsi. Terdakwa sudah mengetahui tentang adanya persyarakat tentang pemberian dana hibah kepada KPUD Kabupaten Lanny Jaya terlebih dahulu dituangkan dalam MoU antara Pemda dan KPUD Kabupaten Lanny Jaya.

“Tetapi terdakwa tidak membuat MoU tersebut. Terdakwa adalah pejabat negara yang dalam menjalankan tugas haruslah berdasarkan undang-undang yang berlaku tetapi terdakwa tidak melaksanakan peraturan perundang-undangan yaitu Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 dan Permendagri Nomor 44 Tahun 2007 tentang Pedoman pengelolaan pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah,” kata Julianus lagi.

Hal-hal yang meringankan menurut Jaksa ini adalah terdakwa belum pernah dihukum, terdakwa sopan dalam persidangan, terdakwa masih dibutuhkan dalam lingkungan Pemda Provinsi papua dan terdakwa bertanggung jawab terhadap keluarga. Berdasarkan uraian tersebut di atas, selaku jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Wamena dengan didasarkan pada Pasal 3 UU No. 31 Tahun 1999.

“Demi keadilan dan kebenaran, berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa, jaksa melakukan penuntutan dengan keyakinan berdasarkan alat bukti,” kata Julianus lagi.

Maka, selaku Jaksa, Julianus menuntut supaya majelis hakim pada Pengadilan Negeri Jayapura yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan, terdakwa Doren Wakerkwa terbukti secara sah dan meyakinkan, bersalah dan turut dalam tindak pidana korupsi.

“Menjatuhkan pidana berupa pidana penjara selama enam tahun, dikurangi selama terdakwa dalam masa tahanan dan denda sebesar Rp 50 juta, subsidaer dua bulan penjara. Menetapkan terdakwa  membayar biaya perkara sebesar lima ribu rupiah,” tuntut Julianus.

Tuntutan yang sama juga dijatuhkan pada rekannya, Joni Way dalam persidangan yang sama.

Maralohan Panggabean, kuasa hukum JW DW kepada Jubi dalam persidangan sebelumnya mengatakan, sudah jelas terungkap bahwa ini adalah persoalan administrasi dan tidak ada penyalahgunaan kewenangan oleh kliennya dalam penggunaan dana hibah pemilu di Lani Jaya.

“Oleh karena itu, kami berharap proses ini cepat selesai secara hukum dan klien kami bisa mendapatkan keadilan,” ujar Maralohan. (Aprila Wayar)

Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  JW DW Dituntut Enam Tahun Penjara