Atasi Pengangguran, Pemda Puncak Bekali Masyarakat dengan Kursus

share on:
Foto Bersama Peserta Kursus dari Puncak Bersama Kepala BLKI dan Staf Serta Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Puncak dan Kepala Bidang Tenaga Kerja Puncak (Jubi/Roberth Wanggai)
Foto Bersama Peserta Kursus dari Puncak Bersama Kepala BLKI dan Staf Serta Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Puncak dan Kepala Bidang Tenaga Kerja Puncak (Jubi/Roberth Wanggai)

Jayapura, Jubi – Sekretaris Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnukcapilkertrans) Kabupaten Puncak, Yeheskiel Tabuni di  Kota Jayapura, Kamis (16/10) mengatakan, pada tahun mendatang pihaknya terus memberi perhatian terhadap pengangguran di daerahnya dengan membekali masyarakat setempat dengan pelatihan atau kursus. Kursus ini, baik di Kabupaten Puncak maupun dikirim ke daerah lain, termasuk kursus di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Provinsi Papua.

“Tahun-tahun mendatang kami jalan terus dengan program ini, agar mereka yang putus sekolah atau mereka yang masih menganggur, bisa mendapat keterampilan agar mereka juga bisa sama dengan teman-temannya yang ada di kota lain,” kata Tabuni saat ditemui di BLKI Jayapura, Kamis (16/10).

Menurut Tabuni, untuk pertama kali Disnukcapilkertrans Puncak menyelenggarakan kursus tersebut dengan mengirim 30 putra putri asli setempat untuk dilatih di BLKI Provinsi Papua.

“Untuk tahun ini ada 5 kegiatan, kusus 3 kegiatan yang digelar di BLKI Jayapura yakni perbengkelan roda dua, meubeluer (pertukangan) dan tata busana. Kemudian usaha batu tela dan tehnik komputer akan dilakukan di Kabupaten Puncak,” kata Tabuni.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Disnukcapilkertrans Puncak, Derek Waromi mengatakan, pengiriman 30  siswa putra asli Puncak ke BLKI Jayapura untuk ikut kursus adalah dalam rangka mengamankan visi dari Bupati dan Wakil Bupati Puncak untuk pemberdayaan masyarakat Puncak di segala bidang.

Dia mengatakan pelatihan perbengkelan, tata busana, pertukangan, operator komputer dan usaha batu tela adalah merupakan salah satu dari program pemberdayaan yang digalakan oleh Bupati dan Wakil Bupati setempat.

Khusus dua kegiatan yang akan digelar di Puncak, yakni operator komputer akan dibuat dengan system administrasi kependudukan (SIAK) dimana mereka akan dipersiapkan menjadi tenaga handal di bidang komputer untuk ditempatkan di tiap distrik yang ada di Kabupaten Puncak. (Roberth Wanggai)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Atasi Pengangguran, Pemda Puncak Bekali Masyarakat dengan Kursus