Kongres Samoa Amerika Kembali Jelang Pemilu

share on:
Eni Valeomavega (IST)
Eni Valeomavega (IST)

Jayapura, Jubi –Faleomavaega Eni Hunkin, anggota Senator Amerika Serikat akan kembali ke negaranya, untuk mengikuti pemilihan umum (pemilu) pada November 2014 mendatang.

Selama dua tahun berturut-turut, Faleomavaega telah menjadi satu-satunya perwakilan masyarakat Samoa Amerika dalam kongres Amerika Serikat.

Posisi Faleomavaega dalam kursi kongres bergengsi tersebut akan ditentukan lagi dalam pemilihan umum yang diagendakan berlangsung bulan depan. Laporan radionz.co.nz mengatakan, sebanyak delapan kandidat, termasuk mantan gubernur Togiola Tulafono berharap dapat menggeser Faleomavaega sebagai Delegasi wilayah itu ke DPR AS.

Faleomavaega dijadualkan tiba di Pago Pago pada 17 Oktober besok dan akan kembali ke Washington DC beberapa hari setelah pemilu pada 4 November nanti. Kedatangannya ini merupakan yang pertama sejak setahun terakhir.
“Perjalanan Faleomavaega pulang ke wilayah ini akan menjadi yang pertama sejak ia tiba di Pago Pago pada Oktober tahun lalu, tapi segera dibawa ke rumah sakit untuk medical check up,” jelas juru bicara Faleomavaega dari kantornya seperti dikutip radionz.co.nz, Rabu (15/10).

Faleomavaega baru-baru ini mengungkapkan alasan dia dirawat di rumah sakit itu karena komplikasi dari paparan ‘Agen Oranye’ saat bertugas di perang Vietnam.

Faleomavaega merupakan anggota Kongres Amerika Serikat yang mendesak Washington untuk mendorong Pemerintah Indonesia agar melepaskan tahanan politik di Papua. (Yuliana Lantipo)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kongres Samoa Amerika Kembali Jelang Pemilu