Perdasi RTRW Bisa Jadi Acuan Selesaikan Masalah Tapal Batas

share on:
Ilustrasi Tapal Batas - Jubi/http://www.riaulive.com
Ilustrasi Tapal Batas – Jubi/http://www.riaulive.com

Jayapura, Jubi – Tak hanya bisa jadi acuan menekan illegal loging di Papua, namun Peraturan Daerah Provinsi (Perdasi) Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang sudah disahkan DPR Papua tahun lalu bisa jadi acuan menyelesaikan sengketa tapal batas.

Anggota Ketua Komisi A DPR Papua, Hendrik Tomasoa mengatakan, selama ini penyelesaian sengketa tapal batas antar kabupaten di Papua cukup rumit karen tak ada aturan jelas yang bisa jadi acuan.

“Jadi masalah tapal batas selama ini memang rumit. Apalagi selama ini belum ada aturan yang bisa jadi acuan. Nah dengan disahkanya Perdasi RTRW tahun lalu, kedepan itu bisa dijadikan acuan,” kata Hendrik Tomasoa kepada Jubi, Rabu (15/10) petang.

Menurutnya, dengan adanya Perdasi itu, maka Pemerintah Provinsi Papua diharapkan bisa menyelesaikan masalah sengketa tapal batas antar kabupatan dengan berpatokan pada aturan tersebut.

“Selama inikan tidak ada yang dijadikan acuna. Sehingga Pemprov juga kesulitan mengatasi masalah tapal batas. Perdasi RTRW ini baru disahkan tahu lalu, semoga kedepannya ini bisa membantu menyelesaikan masalah itu,” ucapnya.

Sementera anggota Komisi A DPR Papua lainnya, Harun Agimbauw mengatakan, masalah tapal batas antar kabupaten di Papua memang cukup rumit untuk diselesaikan. Apalagi jika kedua pihak yang berselisih saling mengklaim mereka yang benar.

“Masalah tapal batas ini memang rumit. Jangankan antar kabupaten, tapal batas antar negara saja sulit diselesaikan. Misalnya tapal batas antar Indonesia dengan Malaysia, atau Indonesia dengan philipina,” kata Harun. (Arjuna Pademme) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perdasi RTRW Bisa Jadi Acuan Selesaikan Masalah Tapal Batas