Selama Enam Bulan, Puskesmas di Deiyai Kekurangan Obat

share on:
Direktur RSUD Pratama Deiyai, dr. Yanuarius More. (JUBI/Ones Madai)
Direktur RSUD Pratama Deiyai, dr. Yanuarius More. (JUBI/Ones Madai)

Deiyai, Jubi – Hampir enam bulan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah Kabupaten Deiyai mengalami kekurangan stok obat-obatan.

Ini diakui salah satu petugas medis di Puskesmas Wakeitei, Deiyai, Yulianus Mote. Bahkan menurut Yulianus, di Puskesmas di tempat dia bertugas, persoalan berkurangnya obat-obatan sudah terjadi sejak enam bulan lalu.

“Untunglah selama enam bulan ini kami bisa menggunakan obat-obatan yang sebelumnya kami simpan sebagai cadangan di Puskesmas,” kata Yulianus saat ditemui di Wakeitei, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Papua, Jumat (17/10).

Yulianus berharap semoga Kepala Dinas Kesehatan Deiyai maupun Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Deiyai bisa memperhatikan persoalan ini secara serius.

“Sebab jika stok obat-obatan habis, maka kami sulit melayani pasien. Kami mau layani pasien dengan obat apa? Sementara stok obat-obatan sudah mulai habis,” kata Yulianus.

Kepala Puskesmas Wakeitei, Oktovianus Mote mengakui persediaan obat di Puskesmas yang dipimpinnya memang sudah mulai habis. Tetapi pada dasarnya kata Oktovianus, pihaknya juga sedang berusaha untuk mendatangkan obat-obatan.

“Yang penting pelayanan kepada masyarakat kami tetap jalani sesuai dengan kemampuan yang ada dan persediaan obat-obatan yang ada pada kami,” kata Oktovianus.

Sementara itu, Direktur RSUD Pratama Kabupaten Deiyai, Yanuarius Mote menuturkan, dirinya sedang berupaya mendatang obat-obatan ke RSUD maupun Puskesmas yang ada wilayah Deiyai. Tetapi, kata dia, untuk sementara ia sedang mengambil obat-obatan di gudang.

“Saat saya masih Kepala Dinas Kesehatan Deiyai, saya menyimpan sejumlah obat-obatan di gudang. Jadi, saya sudah distribusikan ke Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Deiyai,” tutur Yanuarius.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai, Hans Boma, saat dihubungi Jubi guna mengkonfirmasi persoalan berkurangnnya obat-obatan ini, tapi nomor kontaknya tidak aktif. (Ones Madai)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Selama Enam Bulan, Puskesmas di Deiyai Kekurangan Obat