Guru Perempuan di PNG Naik Drastis

share on:
Aktivitas belajar di PNG (monsoonhub.org)
Aktivitas belajar di PNG (monsoonhub.org)

Jayapura, Jubi – Proporsi perempuan yang bekerja di sektor pendidikan di Papua Nugini (PNG) mengalami peningkatan secara drastis dalam satu dekade terakhir.

Survey yang dilakukan Australian National University dan PNG National Research Institute menyebutkan, selama satu dekade atau 10 tahun yang lalu, seperempat guru di sekolah dasar di PNG adalah perempuan. Tapi, saat ini, jumlah itu telah meningkat menjadi 50 persen.

Proporsi perempuan bukan hanya meningkat di bidang keguruan. Direktur Universitas Pengembangan Kebijakan Pusat, Stephen Howe, mengatakan, survey juga menemukan jumlah kehadiran anak perempuan di sekolah dasar telah meningkat tajam.

“PNG belum mencapai kesetaraan gender di sekolah dasar, tetapi sudah mendekati. Itu diperoleh dari 30 persen anak perempuan menjadi 46 persen. Jadi, saya tidak ingin meremehkan masalahnya tapi saya hanya ingin mengatakan tidak semua itu berita buruk. Disana masih ada beberapa tren positif,” kata Stephen Howe seperti dikutip RNZ, Senin (20/10).

Stephen Howe juga mengatakan, meski masyarakat PNG masih menganut budaya patriarkal, namun melalui survei yang dilakukan Australian National University dan PNG National Research Institute itu menunjukkan adanya perubahan sosial yang menjanjikan.

Laporan ini dibandingkan dengan 2.012 survei dari 360 sekolah dasar dan klinik kesehatan di delapan provinsi di PNG dengan data dari tahun 2002. (Yuliana Lantipo)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Guru Perempuan di PNG Naik Drastis