TNI dan Polri Sulit Ungkap Penembak Insiden Lanny Jaya

share on:
Ilustrasi Polisi ketika melakukan pengamanan di Abepura, beberapa waktu lalu. ( Dok.Jubi )
Ilustrasi Polisi ketika melakukan pengamanan di Abepura, beberapa waktu lalu. ( Dok.Jubi )

Sentani,Jubi – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G. Siahaan menyatakan,  TNI terus melakukan koordinasi dengan Polri terkait dengan penyelesaian insiden bentrok antara oknum anggota TNI dan Brimob di Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, pada 13 Oktober 2014 lalu.

“Terkait insiden di Lanny Jaya, saya sudah berkoordinasi dengan Kapolda Papua, setelah tim investigasi gabungan sudah turun ke tempat kejadian perkara. Sejauh mana hasil investigasi ini, hasilnya akan kami lihat bersama,”kata Fransen kepada wartawan di Bataliyon 751/Raider Sentani, usai memberikan arahan kepada anggota TNI, Selasa (21/10).

Fransen mengatakan, untuk menyelesaikan masalah tersebut perlu adanya komunikasi dengan tim investigasi khususnya yang dibentuk TNI dan Polri.

Pangdam menegaskan,  yang berbuat salah  harus dihukum dengan tegas. “Siapa pun yang bersalah dalam insiden itu menjadi refleksi bagi penugasan TNI,” kata Pangdam.

Menurut Pangdam, hukum harus ditegakkan karena memang hukum adalah sebagai panglima. Namun, kata dia untuk memastikan siapa yang bersalah dalam kasus baku tembak antara anggota TNI dengan anggota Brimob di Lanny Jaya, beberapa waktu lalu, masih harus melalui proses investigasi.

“Sekarang mari kita tegakkan hukum. Berani tidak kita menemukan itu (pelaku baku tembak–Red.) dan menghukum, sehingga tidak ada istilahnya sakit-sakit hati bagi prajurit yang lain?  Jangan sampai ada anggapan, ‘kok (pelaku) tidak dihukum sih? Padaha, perwira saya ditembak’,” katanya.

Pangdam yakin, Kapolda Papua pasti melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan insiden tersebut. Hingga saat ini masih terus melakukan koordinasi dengan Polda Papua dalam penyelesaian. (Angrias RF)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TNI dan Polri Sulit Ungkap Penembak Insiden Lanny Jaya