WWF Akan Peringati Hari Habitat di Kali APO

share on:
Logo WWF. (IST)
Logo WWF. (IST)

Abepura, Jubi – Peringatan Hari Habitat yang biasa diperingati setiap hari Senin pertama Oktober. Peringatan tahun ini World Wild Fund (WWF)  Indonesia Program Papua akan bekerja sama dengan Satuan Kerja Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum Provinsi Papua akan melaksanakan kegiatan bersama mayarakat pada  23 Oktober 2014.

Informasi kegiatan itu disampaikan Andiani M.Kumalasari koordinator Komunikasi Kampanye WWF program Papua kepada Jubi di Kota Jayapura, Papua, Rabu (22/10). ” Pelaksanaan kegiatan akan dipusatkan di wilayah Army Post Office (APO)  Kali, Kota Jayapura dengan sorotan tema
‘Aspirasi Masyarakat Pemukiman Perkotaan’.

Piter Roki Aloisius, Kordinator Kegiatan dari WWF menjelaskan kegiatan menurut jadwal akan dimulai pada jam 09.00 dan diharapkan pada pelaksanaan acara kegiatan, masyarakat dapat terlibat aktif. Karena kegiatannya adalah untuk kepentingan bersama khususnya masyarakat yang tinggal di wialyah APO Kali.

Menurut Roki, adapun poin-poin penting yang ingin disampaikan untuk keseluruhan pelaksanaan acara ini adalah. Pertama, sasaran pembenahan adalah indikator pemukiman dikategorikan kumuh seperti drainase, ketersediaan air bersih, ruang hijau, dll.

Kedua, WWF ini membuka ruang komunikasi antara masyarakat pemukiman kumuh dengan pemerintah, begitu juga sebaliknya pemerintah menbangun komunikasi dengan warga mengelolah wilayah kumuh.

Ketiga, WWF ini membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan tempat tinggal dari aspek kebersihan, kenyamanan,keamanan dan kesehatan. Dan Keempat, meningkatkan keterlibatan dan kepedulian masyarakat umum akan pembenahan pemukiman perkotaan.

Serangkaian acara yang disiapkan akan mengacu pada pencapaian poin-poin tersebut antara lain; penanaman pohon di lokasi rawan longsor, dialog interaktif untuk menampung aspirasi masyarakat, penyuluhan urban farming, dan simulasi tanggap bencana kebakaran. Melalui serangkaian acara tersebut diharapkan tujuan utama untuk menampung aspirasi masyarakat sekaligus menyampaian informasi untuk penataan lingkungan dapat tercapai. (Mawel Benny)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  WWF Akan Peringati Hari Habitat di Kali APO