Dugaan Korupsi Bansos Mappi Terkendala Penetapan Tersangka

share on:
Ilustrasi Korupsi - Jubi/IST
Ilustrasi Korupsi – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Polisi masih kesulitan menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) Kabupaten Mappi, Papua yang ditangani Polda Papua sejak April lalu.

Kepala Kepolisian (Kapolda) Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Yotje Mende mengatakan, kasus itu terjadi pada 2013 lalu. Total anggaran senilai Rp40 miliar lebih. Namun belum diketahui nilai kerugian negara.

“Meski sudah ada indikasi tersangka akan mengarah ke oknum siapa. Tapi masih sulit menentukan. Dalam proses penyelidikan, perlu direkomendasi hal penting. Pertama, harus jelas perbuatan tersangka melanggar pasal berapa, statusnya apa. Apakah pelaku utama, pelaku menyuruh atau ikut serta dan seterusnya,” kata Kapolda Yotje, Senin (27/10).

Selain itu menurutnya, setelah menatapkan tersangka, yang bersangkutan harus betul-betul sebagai jembatan untuk kasus berikutnya. Kapolda menduga dalam kasus ini, ada beberapa pejabat setempat yang terlibat. Antar lain Sekda, Bendahara, Assiten III dan bahkan Bupati.

“Kalau memang itu terbukti. Memang bupati kan sebagai kuasa pengguna anggaran. Pejabat Pembuat Komitmen kan Sekda. Itu akan diperiksa apakah memenuhi unsur atau tidak. Kasus ini memang belum jelas mengenai pengangkatan tersangka. Penerapan pasal, dan saya lihat ini ada beberapa tersangka. Tapi tersangaka yang mana yang harus didahulukan belum jelas,” ucapnya.

Dikatakan, ia sudah merekomendasikan agar penyidik bekerja sama dengan instansi terkait untuk melakukan audit. Apakah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ataukah BPKP. Penyidik lanjut Kapolda, sudah menyita sejumlah barang bukti. Antar lain, uang tunai Rp400 juta, sejumlah dokumen, disposisi, bukti pencairan, dan bukti adanya dana yang masuk ke nomor rekening tertentu.

“Indikasi tersangka disini ada dua yaitu Sekda dan Plt Sekda yang juga Assiten III. Hanya saja berapa jumlah kerugian negara, harus dihitung dulu,” katanya. (Arjuna Pademme)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dugaan Korupsi Bansos Mappi Terkendala Penetapan Tersangka