Lima Batalyon Kodam Cenderawasih akan Ditingkatkan Menjadi Pasukan Raider

share on:
Fransen G Siahaan ( Jubi/Angrias RF )
Fransen G Siahaan ( Jubi/Angrias RF )

Sentani, Jubi – Seluruh Batalyon Infanteri (Yonif) yang berada di bawah Komando Kodam XVII/Cenderawasih akan ditingkatkan statusnya menjadi Batalyon Raider secara bertahap hingga 3 tahun kedepan.

“Saat ini Kodam XVII/Cenderawasih memiliki 6 Batalyon Infanteri, dimana dari 6 Yonif tersebut baru 1 yang berkualifikasi sebagai pasukan Raider, yaitu Yonif 751/Raider yang berkedudukan di Sentani. Nah rencana kedepan secara bertahap ke lima Batalyon lainnya akan kita tingkatkan menjadi Batalyon Raider,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen. TNI. Fransen G. Siahaan, di sela-sela kunjungannya ke Yonif 751/Raider, (21/10) pekan kemarin.

Menurut Pangdam, ke 5 Batalyon yang akan di tingkatkan statusnya menjadi pasukan Raider adalah Yonif 752 / Wira Yudha Sakti di Sorong, Yonif / 753 Arga Vira Tama di Nabire, Yonif 754 / Eme Neme Kangasi di Timika, Yonif 755 / Yalet di Merauke dan Yonif 756 / Winame Sili di Wamena.

“Di tahun 2015, kita berencana mengirim 2 Batalyon ke Bandung untuk dididik menjadi pasukan yang berkualifikasi Raider. Dimana pada bulan Februari kita kirim Yonif 752 / Wira Yudha Sakti dan kemudian pada bulan Meret menyusul Yonif / 753 Arga Vira Tama dan tahun berikutnya menyusul 2 Batalyon berturut-turut hingga semuanya berkualifikasi Raider,” kata Pangdam.

Menurut Pangdam peningkatan kualifikasi satuan pemukul Kodam ini dilakukan mengingat ancaman yang dihadapi di tanah Papua ke depan. Selain itu dengan luas wilayah dan kondisi geografis, Papua membutuhkan kualifikasi khusus, sehingga pengamanan di Papua bisa dimaksimalkan untuk menangkal ancaman dari kelompok-kelompok bersenjata di Papua. (Angrias RF )

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Lima Batalyon Kodam Cenderawasih akan Ditingkatkan Menjadi Pasukan Raider