Operasi maritim Pasifik Tangkap 12 kapal

share on:
Samudera Pasifik (yolasite.com)
Samudera Pasifik (yolasite.com)

Jayapura, Jubi – Dalam meningkatkan pengawasan dan pengontrolan terhadap pencari ikan di lautan pasifik, Badan Forum Perikanan di kawasan Pasifik berhasil menangkap 12 kapal ikan, yang tidak dilengkapi lisensi penangkapan ikan di wilayah tersebut.  

Kapal-kapan yang berbendera Thailan, Filipina dan FSM tersebut berhasil ditangkap oleh Polisi Maritim Perikanan dari Negara Federasi Mikronesia, Papua Nugini dan Palau, dalam operasi Kurukuru yang dilakukan mulai Rabu pekan lalu dan berakhir Sabtu (24/10) lalu.

Belasan kapal itu termasuk di antara 114 boarding kapal penangkap ikan dan 1.011 kapal di zona ekonomi eksklusif dari 14 negara Pasifik yang terlibat dalam latihan pengawasan maritim dengan nama Operasi Kurukuru.

Direktur Jenderal FFA, James Movick, mengatakan rincian lebih lanjut tentang dugaan pelanggaran adalah masalah operasional dan akan dibahas di tingkat nasional. Tapi, menurutnya temuan itu menunjukkan tingkat standar dan efektivitas yang  diterapkan mitra FFA di bidang pengawasan maritim.

Movick mengatakan, melalui operasi seperti Kurukuru, negara-negara Pasifik sebagai penjaga sumber daya kelautan mengirimkan pesan kepada siapapun yang memancing atau melanggar izin, bahwa mereka sedang berada dalam pengawasan. Seluruh aktivitas para pencari ikan di kawasan pasifik sedang direkam.

“Kepada siapapun yang memancing tanpa, atau melanggar izin, mereka sedang diawasi, aktivitas mereka sedang direkam, dan mereka akan ditangkap,” kata Movick seperti di kutip RNZ, Minggu (26/10).

Operasi Kurukuru 2014 mencakup area seluas sekitar 30 juta kilometer persegi – termasuk ZEE Kepulauan Cook, Negara Federasi Mikronesia, Fiji, Kiribati, Kepulauan Marshall, Nauru, Niue, Palau, PNG, Samoa, Kepulauan Solomon, Tokelau, Tonga, Tuvalu dan Vanuatu.

Pengawasan dan staf penegakan perikanan dari semua negara-negara ini bekerja sama dengan pertahanan segiempat antara Australia, Selandia Baru, Perancis dan Amerika Serikat, selama dua minggu sepanjang jam pengawasan, analisis data, pelaporan dan berbagi informasi dan pada akhirnya operasi penegakan.  (Yuliana Lantipo)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Operasi maritim Pasifik Tangkap 12 kapal