Kekerasan Dalam Rumah Tangga Meningkat di Kepulauan Marshall

share on:
Kepulauan Marshall (lonelyplanet.com)
Kepulauan Marshall (lonelyplanet.com)

Jayapura, Jubi – Laporan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Kepulauan Marshalls mengalami peningkatan. Laporan KDRT dalam tahun 2014 ini, meningkat dua kali lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, 2013.

Berdasarkan laporan wartawan RNZ, Giff Johnson, jumlah kasus KDRT tersebut terlihat dari banyaknya surat perintah penahanan para laki-laki karena melakukan kekerasan dalam rumah tangga di negara beribukota Majuro tersebut.

Menurut Johnson, salah satu faktor yang mendorong adanya pengaduan dan laporan terkait KDRT karena kesadaran akan hak-hak mereka dalam hukum tentang KDRT yang telah disahkan dua tahun lalu, yakni 2012. Selain itu, lanjutnya, unit kekerasan dalam rumah tangga di kepolisian juga sangat pro-aktif menindak laporan tersebut.

Melihat laporan yang diajukan, setidaknya terdapat sembilan pengaduan KDRT oleh kaum perempuan di Pengadilan Tinggi. Jumlah tersebut dinilai, dua kali jauh melebihi laporan tentang KDRT pada tahun sebelumnya.

“Dan fakta bahwa Pengadilan Tinggi bertindak sangat cepat pada laporan ini, dan mengambil tindakan hampir cepat dengan mengadakan audiensi sangat cepat, jadi saya pikir perempuan melihat bahwa mereka mampu mendapatkan hasil dari laporannya,” kata Johnson seperti dikutip RNZ, Senin (27/10).

Catatan Wikipedia, Republik Kepulauan Marshall (nama alternatif: Marsyal) adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Dia berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara. (Yuliana Lantipo)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kekerasan Dalam Rumah Tangga Meningkat di Kepulauan Marshall