Dinas Ketahanan Pangan Bantu Petani dan Peternak di Hari Pangan Sedunia

share on:
Asisten II Papua, Elia Loupatty Serahkan Bantuan Kepada Salah Satu Kelompok Tani Papua, Rabu (29/10). Jubi-Alex
Asisten II Papua, Elia Loupatty Serahkan Bantuan Kepada Salah Satu Kelompok Tani Papua, Rabu (29/10). Jubi-Alex

Jayapura, Jubi – Dihari peringatan pangan sedunia, petani, peternak dan nelayan di Papua mendapat bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan instansi pendukung lainya. Bantuan berupa alat pendukung seperti bibit pohon, dan ternak.

“Di hari pangan ini kami berikan bantuan untuk para petani, peternak dan nelayan. Hal ini kami lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, peternak dan nelayan yang ada di Papua” kata Ketua Panitia Hari Pangan Sedunia (HPS), Johan Suhartono kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Rabu (29/10).

Dijelaskan Suhartono, bantuan diberikan berdasarkan instansi masing-masing. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memberikan satu paket kegiatan biologis asal ternak , satu paket kawasan sapi potong, dan satu paket kawasan sapi potong.

“Bantuan ini diberikan kepada Kelompok Wina Papua Bangkit Mandiri I, Kampung Ifia-fia Arso, Kabupaten Keerom, dan kelompok Wina Papua Bangkit Mandiri II, Kampung Ifia-fia Arso, Kabupaten Keerom,” katanya.

Sementara Dinas Perkebunan Provinsi Papua, bantuan yang diberikan berupa 1000 pohon sagu, 25 parang, 25 skop dan diberikan kepada Yohan Patipeme. Sedangkan 2000 pohon sagu, 50 parang, dan 50 Dodos diberikan kepada Oktovianus Klembeyap.

Badan Ketahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluhan, memberikan bantuan berupa 14 paket bibit sayuran dan peralatan ringan bagi kelompok wanita tani, dan enam paket bantuan seperangkat alat peraga bagi sekolah dasar dalam rangka sosialisasi percepatan pengembangan konsumsi pangan.

“Bantuan juga diberikan kepada penyuluh pertanian PNS teladan, petani berprestasi, dan Gapoktan berprestasi dari Kabupaten Keerom dan Merauke,” kata Suhartono.

Sementara itu,  Asisten II Papua, Elia Loupatty mengatakan, dengan peringatan Hari Pangan Sedunia, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan perhatian seluruh komponen masyarakat akan pentingnya penanganan pemasalahan pangan dan gizi.

Hal ini dinilai sangat strategis mengingat sebagai wahana bagi petani, nelayan dan instansi serta pihak terkait untuk meningkatkan kiprahnya dalam mengembangkan sektor pertanian, perternakan, perikanan dan kesehatan guna menyediakan bahan pangan untuk pemenuhan kebutuhan gizi penduduk.

“Perlu saya sampaikan, visi Pemprov Papua untuk jangka waktu lima tahun ke depan adalah “Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera”. Visi tersebut memfokuskan pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi yang didalamnya termasuk pembangunan pertanian dalam arti luas (Pertanian, Perikanan dan kehutanan) dan Perindustrian Perdagangan dan Koperasi,” kata Elia Loupatty. (Alexander Loen)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinas Ketahanan Pangan Bantu  Petani dan Peternak   di Hari Pangan Sedunia