Fasilitas di RSUD Merauke Akan Diperbaiki

share on:
Bupati Merauke,Romanus Mbaraka

Merauke, Jubi- Bupati Merauke, Romanus Mbaraka  didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Daniel Pauta serta tim asistensi anggaran, melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke. Melihat berbagai kekurangan yang ada, mulai dari fasilitas kesehatan serta ruangan. Sehingga nantinya akan dianggarkan untuk diprogramkan pada tahun 2015 mendatang.

Hal itu disampaikan Bupati Merauke kepada sejumlah wartawan di RSUD Kamis (6/11). Menurutnya, rumah sakit ini harus dipoles dengan melakukan perbaikan terhadap ruangan bedah dan lain-lain serta fasilitas kesehatan lain. Karena dalam kenyataan, masih banyak kekurangan.

“Ya, dengan melakukan pembenahan terhadap berbagai kekurangan yang ada, maka pasien yang sakit, dapat menjalani perawatan  kesehatan dengan baik selama berada di rumah sakit. Memang fokus perhatian saya pada tahun 2015 mendatang adalah dalam bidang kesehatan,” ujarnya.

Oleh karena rumah sakit merupakan benteng terakhir kehidupan orang Merauke ketika sakit, katanya, maka fokus perhatian yang dilakukan adalah dengan  perbaikan sejumlah sarana yang ada.

“Saya juga melihat ruangan unit gawat darurat (UGD) kurang strategis. Sehingga nantinya akan dibicarakan dengan Kadis Kesehatan Merauke bersama Dirut RSUD untuk mencari tempat lebih baik lagi,” katanya.

Dikatakan, pada tahun 2015 mendatang, akan dibangun juga rumah sakit Tipe B untuk menjadi rujukan bagi para pasien di wilayah Selatan Papua yakni Mappi, Asmat serta Boven Digoel. “Memang itu akan tetap direalisasikan, karena merupakan salah satu program dari Gubernur Papua, Lukas Enembe,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Stevanus Osok turut mengakui  berbagai kekurangan di rumah sakit itu yang menurutnya, harus dilakukan perbaikan secara bertahap.

Ditambahkan, khusus pembangunan rumah sakit Tipe B, sudah dipersiapkan lokasi juga. “Itu telah kita rencanakan lama dan justru mendapat perhatian sangat besar dari Pemerintah Provinsi Papua. Karena merupakan program gubernur juga,” katanya. (Frans L Kobun)

 

 

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Fasilitas di RSUD Merauke Akan Diperbaiki