Bappeda akan Gelar Rakor Lima Kawasan

share on:
Kepala Bappeda Papua, Muh Musa'ad. (Jubi/Alex)
Kepala Bappeda Papua, Muh Musa’ad. (Jubi/Alex)

Jayapura, Jubi – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua berencana dalam waktu dekat akan melakukan rapat koordinasi (Rakor) lima kawasan pembangunan berdasarkan wilayah adat, yakni Saereri, Mamta, Ha Anim, La Pago dan Mee pago.

“Dalam waktu dekat kami akan lakukan rapat koordinasi 5 kawasan. Dimana melalui rapat ini untuk memastikan program-progran di masing-masing kawasan, apakah sudah berjalan atau tidak,” kata Kepala Bappeda Papua, Muh Musa’ad kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Senin (10/11).

Selain memastikan jalannya program, Musa’ad berharap melalui rakor lima kawasan akan memunculkan prorgam-program yang memang dianggap strategis dan menjadi perhatian semua pihak. “Itu yang akan kami coba sinergikan,” katanya.

Menurut Musa’ad, pihaknya telah melakukan Rakor untuk mensinergikan program di bidang sosial budaya, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan lainnya.

“rakor ini akan dilakukan hari ini, dimana untuk memastikan program yang dilakukan di provinsi apakah sinergi dengan yang dilakukan di kabupaten/kota atau tidak,” kata Musa’ad.

Menanggapi itu, Musa’ad meminta agar program-program yang ada di kabupaten sinergi dalam satu kawasan pembangunan dan hindari program yang sifatnya parsial.

“Jadi, program-program yang dilakukan sendiri oleh masing-masing kabupaten tanpa memperhatikan integrasi dan sinergitas antar kabupaten maupun antar didalam satu wilayah di provinsi, sehingga hasilnya akan lebih baik. Misalnya pembangunan rumah sakit yang sudah dicanangkan harus terintegrasi dan sinergi antara kabupaten dimana rumah sakit itu didirikan, dengan kabupaten di sekitar kabupaten yang pembangunan itu dilakukan,” katanya.

Sebelumnya. Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengatakan, pembangunan harus bisa dirasakan mulai dari wilayah Ha Anim, La Pago, Mamta, Saereri, dan wilayah Mee Pago.

“Dengan pola pendekatan pembangunan seperti ini, diyakini pada gilirannya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya masyarakat asli Papua. Keseluruhan upaya ini kami lakukan dengan memperhatikan aspek keadilan dan pengendalian resiko, serta tetap menjaga kesinambungan fiskal daerah,” kata Lukas Enembe, di Jayapura, Papua, Kamis (16/10). (Alexander Loen)

Tags:
Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bappeda akan Gelar Rakor Lima Kawasan