Koya Koso Layak Jadi Kebun Botani

share on:
Kadis Kehutanan Papua, Yan Yap Ormuseray.(Jubi/Alex)
Kadis Kehutanan Papua, Yan Yap Ormuseray.(Jubi/Alex)

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kehutanan Papua, Yan Yap Ormuseray mengatakan, sesuai hasil survei yang dilakukan tim dari Universitas Negeri Papua (Unipa), Koya Koso, Distrik Muaratami, Kota Jayapura layak menjadi kebun Botani hutan.

“Hasil survei sementara, daerah Koya Koso layak sebagai Kebun Botani Hutan, karena di daerah tersebut terdapat air terjun, sungai dan pemandangan yang cukup bagus,” kata Ormuseray kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Selasa (11/11).

Jika Koya Koso jadi kebun Botani, ujar Ormuseray, kedepan lokasi tersebut kelak bermanfaat sebagai tempat penelitian, tetapi juga sebagai tempat wisata, karena terdapat sejumlah endemik khas Papua.

“Selain terdapat endemik Papua, kedepan kami juga akan kembangkan endemik dari luar. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan penelitian,” katanya.

Saat ditanya soal apakah ada endemik Papua yang terancam punah, jelas Ormuseray, sudah ada endemik khas Papua yang sudah mulai punah, yang disebabkan oleh beberapa faktor.

“Sudah ada endemik Papua yang kini mulai musnah, yang disebabkan oleh berbagai faktor. Namun kami belum tahu pasti apa-apa saja yang terancam,” kata Ormuseray.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, pembangunan kebun Botani kehutanan ini sangat penting, untuk melaksanakan pekerjaan menanam, menumbuhkan, memelihara dan menjaga keberadaan berbagai tumbuhan endemik Papua.

“Kebun Botani manfaatnya sangat besar, terutama untuk kegiatan konservasi tumbuhan, pendidikan, penelitian, dan juga sebagai tempat wisata alam serta jasa lingkungan,” kata Lukas Enembe melalui Ayub Kayame selaku staf ahli gubernur.

Untuk membangun kebun Botani, ujar Enembe, perlu dilakukan secara terencana, terkoordinasi dan memenuhi standar pembangunan Kebun Raya.

“Peneliti dari Fakultas Kehutanan UNIPA Manokwari akan memaparkan hasil kegiatan lapangan untuk penyusunan Master Plan, yang akan menjadi dokumen acuan kedepan bagi pengelola dalam membangun dan mengembangkan Kebun Botani Kehutanan Papua,” katanya. (Alexander Loen)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Koya Koso Layak Jadi Kebun Botani