BBM Naik, Pemerintah Perlu Awasi Harga

share on:
Anggota DPR Papua, Rustam Saru - Jubi/Arjuna
Anggota DPR Papua, Rustam Saru – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Anggota DPR Papua, Rustam Saru mengatakan, jika harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik, diperlukan pengawasan peme­rintah agar pedagang dan pelaku ekonomi tak menaikkan harga kebutuhan pokok melebih batas wajar.

Menurut Rustam, rencana pemerintah menaikkan harga BBM akan berdampak kepada masyarakat, termasuk di Papua. Paling tidak berpengaruh pada semua aspek perekonomian. Baik di aspek transportasi, harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di pasaran, kebutuhan pertanian, perkebunan dan lainnya.
“Apalagi di Papua. BBM belum naik saja harga kebutuhan pokok sudah lebih tinggi daripada wilayah lain. Paling tidak ada kebijakan yang pro rakyat. Intervensi pemerintah menjaga stabilitas harga, terutama di Papua sangat diperlukan. Perlu ada batasan kenaikan harga, terutama Sembako. Jangan sampai pedagang atau pelaku ekonomi menaikkan harga melebihi batas wajar. Harus disesuaikan de­ngan kenaikan harga BBM,” kata Rustam Saru, Rabu (12/11).

Menurutnya, jika itu tak dilakukan, pelaku ekonomi akan menaikkan harga sesuai kemauan mereka. Namun jika peme­rintah melakukan pengawasan terhadap harga, pedagang akan segan berspekulasi.
“Kalau dikontrol saya yakin mereka akan segan dan tidak berani melakukan spekulasi harga di pasaran. Kalau me­reka melanggar harus ada sanksi. Dengan begitu masyarakat tetap terbantu. Harga Sembako tetap terjangkau dan masyarakat tidak terlalu merasakan dampak kenaikan BBM,” ucapnya.

Salah satu warga Kota Jayapura, Yosepina mengatakan, rencana pemerintah menaikkan harga BBM sudah pasti akan berpengaruh terhadap kebutuhan pokok.
“Pengalaman selama ini, kalau BBM naik, harga juga ikut naik. Jadi saya setuju jika ada batasan kepada pedagang ketika menaikkan harga dagangannya. Harus disesuai dengan kenaikan BBM. Jangan sampai BBM hanya Rp 2500, harga kebutuhan pokok naik Rp 3.000 sampai Rp 5.000,” kata Yosepina. (Arjuna Pademme)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BBM Naik, Pemerintah Perlu Awasi Harga