Mahasiswa Pegubin Nilai Pemda Tak Serius Bangun SDM

share on:
Asrama Mahasiswa Putra Pegubin ( Jubi/Mawel Benny)
Asrama Mahasiswa Putra Pegubin ( Jubi/Mawel Benny)

Abepura, Jubi – Mahasiswa Pegunungan Bintang, menilai Pemerintah Daerahnya tidak serius membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Pemerintah malah lebih sibuk mengurus kepentingan pribadi, ketimbang  mengurus kepentingan pembangunan daerah dengan memberikan perhatian serius terhadap pembangunan pendidikan.

“Pemerintah tidak siapkan SDM tetapi lebih mengurus kepentingan,”ujar Sabinus Nigdana, ketua Ikatan Mahasiswa Pelajar Kabupaten Pegunungan Bintang, kota Studi Jayapura, kepada Jubi di Asrama Putra mahasiswa Pegunungan Bintang, di Expo Waena, Kota Jayapura, Papua, Selasa (11/11).

Ketidakseriusan pemerintah itu terlihat dari kurang adanya perhatian pemerintah daerah terhadap mahasiswa yang berdomisili di Asrama terbilang  yang berlokasi di Jalan Buper Waena, Kota Jayapura itu. Asrama dua lantai itu tidak dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang menjadi kebutuhan mahasiswa.

“Kita ini membutuhkan pembina yang bisa mendampingi dan mengarahkan. Kita butuh komputer karena masalah teknologi ini tuntutan zaman, tetapi asrama ini belum memiliki itu. Makanan saja kita belum pernah dapat,”kata Ningdana.

Yulianus Uropdana, SH.M.Hum, Pengamat Kebijakan dan Pembangunan Papua, mengatakan pemerintah Pegunungan Bintang mulai mengabaikan hal yang penting dalam pembangunan daerah.

Menurutnya, pemerintah tidak menyadari pembangunan apapun akan berjalan baik dan akan sukses sesuai harapan bersama bila Pembangunan Sumber Daya manusianya baik.

“SDM itu amunisi yang paling jitu untuk membangun dan menghancurkan, jawaban atas pembangunan berkelanjutan. Kalau SDM tidak diperhatikan, membangun Asrama megah lalu isinya tidak diurus, nilainya nihil,”ungkap pria yang kini rajin menghasilkan sejumlah artikel di koran Lokal menyoroti sejumlah kebijakan pembangunan di Papua ini.

Nigdana berharap kepada pemerintah daerah memperhatikan sejumlah kekurangan yang mereka keluhkan. Pemerintah menyiapkan sejumlah fasilitas belajar, Pembina, pendamping dan melakukan kontrol di asrama. “Apakah asrama ini juga aset daerah? Kalau iya, maka perlu ada ada perhatian pemerintah, ”harap ketua asrama.

Kalau pemerintah tidak memperhatikan SDM, pembangunan Papua, khususnya di kabupaten Pegunungan Bintang, Yulianus Uropdana menambahkan, pemerintah berjalan langkah mundur. Pemerintah tidak akan membawa daerah itu ke arah yang lebih baik dengan menyiapkan SDM. “Sebuah kemunduran fatal nanti,”tegasnya. (Mawel Benny)

Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Mahasiswa Pegubin Nilai Pemda Tak Serius Bangun SDM