Sidak, Empat Senpi di Polresta Tak Layak Pakai

share on:
Tim Mabes Polri dan Polda Papua saat memeriksa gudang senjata Polres Jayapura Kota, Rabu (12/11) - Jubi/Indrayadi TH
Tim Mabes Polri dan Polda Papua saat memeriksa gudang senjata Polres Jayapura Kota, Rabu (12/11) – Jubi/Indrayadi TH

Jayapura, Jubi – Empat Senjata Api (Senpi) dikembalikan ke Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Papua setelah dilakukan pemeriksaan mendadak (Sidak) gabungan tim Propam Polda Papua dan Divisi Propam Mabes Polri ke markas Kepolisian Resort (Polres) Jayapura Kota, Rabu (12/11).

“Ada beberapa senjata yang tidak layak, yang rencananya akan dikembalikan ke Polda Papua. Empat pucuk, senjata pendek ada tiga, senjata panjang ada satu, yang rusak berat akan dikembalikan ke Polda Papua,” kata Komisaris (Pol) Kiki Kurnia.

Menurutnya, masing-masing anggota yang memegang senpi laras pendek dilengkapi semua, termasuk kelengkapan administrasinya. “Surat pemegang senpi bagi personil sudah diperbaharui dan tidak ada lagi suratnya yang mati,” ujarnya.

Standar penggunaan amunisi bagi personil untuk latihan? Dikatakan Kiki, semuanya akan dipersiapkan bagian logistik Polres Jayapura Kota.
“Standarnya satu personil 10 butir amunisi untuk latihan, dan harus lapor setelah menggunakannya disertai dengan bukti selongsongnya,” katanya.

Ditempat yang sama, salah satu tim dari Mabes Polri Divisi Propam, Ajun Komisaris Besar (Pol) Ayu Suasti saat dikonfirmasi terkait sidak yang dilakukan enggan berkomentar.
“Maaf saya tidak bisa, langsung saja ke Wakapolresta,” kata Ayu.

Sementara itu, salah satu personil Polres Jayapura Kota yang enggan sebutkan namanya mengatakan pemeriksaan mendadak ini baru pertama kali dilakukan sejak dua tahun terakhir yang melibatkan Mabes Polri dan Polda Papua. “Ini baru satu kali dalam tahun ini,” kata anggota tersebut. (Indrayadi TH)

 

Editor : Albert Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sidak, Empat Senpi di Polresta Tak Layak Pakai