Dana Terlambat Cair Efektivitas Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Jayawijaya Diragukan.

share on:

Peduli Aids (IST)
Peduli Aids (IST)

Wamena, Jubi – Alokasi dana Penanggulangan HIV/AIDS tahun anggaran 2014 Pemda Jayawijaya, direalisasikan dipenghujung tahun 2014 yaitu pada bulan Oktober 2014. Hingga efektivitas penggunaannya dipertanyakan oleh para penerima dana tersebut .

“Dana ini diperbantukan pada bulan Oktober akhir, kalo dilihat efektivitas dari dana ini sebenarnya kurang efektif, karena terkesan kita lakukan kegiatan itu terburu-buru” ujar Direktur LSM Yukemdi, Yoram Yogobi yang adalah salah satu LSM yang menerima dana tersebut di Wamena (12/11).

Yogobi sangat menyayangkan dana KPA sebesar Rp 2,5 miliar yang baru diberikan jelang tutup tahun. Sedangkan akhir dari pengumpulan laporan kegiatan penggunaan dana KPA jatuh pada 15 Desember nanti.

“Sementara dana ini kami terima di awal bulan November ini. Berarti hanya efektif  1,5 bulan saja. Ini kita mau bikin kegiatan yang besar-besar itu agak sulit, karena hampir stakeholder yang menerima manfaat dari program itu karena program dilakukan oleh berbagai kelompok jadi akhirnya baku tabrak nanti” ujarnya.

Soal alokasi dana kepada setiap lembaga, Yogobi mengaku tak tahu pasti, dan jika ingin menanyakannya ke KPA Kabupaten Jayawijaya, Yogobi merasa tak etis.

“Kami LSM Yukemdi menerima sebesar 90 juta. Sebenarnya kebutuhan yang kamis usulkan senilai 150 juta tapi ya apa boleh buat  kita terima saja kan namanya pemberian. Saya juga tetap mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas komitmenya dalam penaggulangan HIV/AIDS di Jayawijaya”

Sementara itu penerima manfaat dana KPA lainnya, kepala Puskesmas Homhom Asalaus Alua yang dikomirmasi mengaku belum mengetahui besaran dana pengaggulan HIV/AIDS yang dialokasikan untuk puskesmasnya

“Penggulangan HIV/AIDS dari KPA itu jumlah dananya berapa itu saya sendiri juga belum tau ini. Kami belum ambil juga trus suru buat proposan tapi belum kita ajukan juga” kata Asalus Alua. (Ronny Hisage)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dana Terlambat Cair Efektivitas Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Jayawijaya Diragukan.