Kongres Pemuda Indonesia Sesuaikan Jadwal Presiden

share on:
Ketua Umum DPP KNPI,  Taufan Eko Nugroho Rotorasiko  Saat Berdiskusi Denga Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, Jumat (14/11). Jubi-Alex
Ketua Umum DPP KNPI, Taufan Eko Nugroho Rotorasiko Saat Berdiskusi Denga Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, Jumat (14/11). Jubi-Alex

Jayapura, Jubi – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Taufan Eko Nugroho Rotorasiko mengatakan, Kongres Pemuda Indonesia di Papua akan disesuaikan dengan jadwal kunjungan Presiden Joko Widodo ke provinsi tertimur di Indonesia ini.

“Kongres Pemuda Indonesia rencananya akan digelar Desember mendatang, dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk itu, kami akan sesuaikan dengan jadwa kedatangan beliau,” kata Taufan Eko Nugroho Rotorasiko saat bertemu langsung dengan Gubernur Lukas Enembe di Hotel Swisbell Jayapura, Papua, Jumat (14/11).

Menanggapi itu, dirinya berharap undangan tidak hanya untuk tingkat nasional, tapi juga tingkat provinsi bahkan kabupaten/kota se Indonesia. “Kami akan undang seluruh pemuda Indonesia dengan jumlah 1500 orang. Ini merupakan kongres terbesar dan undangan langsung ke kabupaten/kota,” katanya.

Menurutnya, ini dilakukan karena banyak sekali sahabat-sahabat di seluruh Indonesia mengenal Papua tapi belum pernah menginjakan kakinya ke Papua.

“Jadi kami ingin ajak mereka ke Papua, sehingga mereka dapat memahami potensi yang ada, dan kami juga berharap dari tanah damai ini pergerakkan pemuda kedepan jadi lebih bermanfaat bagi kemajuan bangsa ini, dimulai dari timur, ke tengah dan akhirnya ke barat,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, dengan Kongres Pemuda Indonesia di Papua merupakan kebanggaan yang luar biasa. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Papua siap mendukung pelaksanaan kongres.

“Kami siapkan dukungan dana dari APBD sebanyak Rp 10 Miliar untuk kongres. memang masih kurang, karena yang datang adalah semua pengurus KNPI kabupaten/kota se indonesia, dengan demikian kita siap biayai itu,” kata Enembe.

Disamping itu, ujar Enembe, dirinya juga sudah meminta dukungan kepada semua bupati di Papua untuk mendukung pelaksanaan Kongres Pemuda.

“Saya minta semua bupati dukung kongres ini, dan saya yakin para bupati mau mendukung karena harga diri Papua. Kita bisa hadiri kongres di pulau Jawa, kenapa mereka tidak datang ke Papua,” katanya.

Hal senada dilontarkan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak mengatakan, dirinya siap mendukung pelaksanaan Kongres Pemuda Indonesia di Papua.

“Kami siap memberikan dukungan, tinggal diatur saja apa yang kami harus bantu, kami tidak bisa melawan kalau pimpinan sudah perintah,” kata Ham Pagawak. (Alexander Loen)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kongres Pemuda Indonesia Sesuaikan Jadwal Presiden