SD Ami Timika Satu Ruangan Tetap Terapkan K-13

share on:
Susana proses belajar mengajar  di SD AMI Timika (Jubi/Istimewa)
Susana proses belajar mengajar di SD AMI Timika (Jubi/Istimewa)

Timika, Jubi – Setelah mengikuti sosialisasi Kurikulum 2013 (K-13), Sekolah Dasar (SD) AMI Timika, kini menerapkan K-13 meski belum memiliki banyak buku panduan guru dan murid.

Kepala SD AMI Timika, Sunarmi, S.Th, mengatakan, meski pihaknya hanya memiliki satu ruang kelas, namun telah menerapkan K-13 bagi murid dengan menggunakan buku panduan yang ada.

“Penggunaan kurikulum 2013 sudah kami terapkan untuk siswa yang ada di SD AMI. Walaupun kami belum banyak memiliki materi berupa buku tetapi untuk penerapan sekarang kami menerapkan dulu agar anak-anak bisa mengerti,” ujar Sunarmi, di Timika, Jumat (14/11).

Ia menambahkan, kurangnya buku panduan sehingga pihaknya mengambil inisiatif untuk memperbanyak buku panduan K-13.Sedangkan, buku panduan K-13, pihaknya belum mendapatkan bantuan buku panduan tersebut dari Dinas Pendidikan.

“Selain itu, kami juga masih memberikan referensi kurikulum tingkat satuan pendidikan agar perpaduan dua kurikulum ini bisa dapat dipahami oleh siswa sendiri,” terangnya.

Diakuinya, setelah mengikuti sosialisasi K-13, terdapat perbedaan antara K-13 dengan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KSTP).

“Untuk K-13 ini satu materi sudah mencakup beberapa mata pelajaran dan ini bagi kami sebagai guru, sangat mudah untuk dipelajari oleh siswa di sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kurikulum Dispendasbud, Lukas Berkat S mengatakan, untuk jumlah SD yang ada di Kabupaten Mimika sebanyak 135 sekolah. Dan, semua sekolah tersebut sudah mengikuti sosialisasi K-13.

“Jumlah keseluruhan SD yang ada di Kabupaten Mimika ini sebanyak 135 sekolah dan sesuai yang kami ketahui semua telah mengikuti sosialisasi K 13 tersebut,” katanya. (Eveerth Joumilena)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SD Ami Timika Satu Ruangan Tetap Terapkan K-13