DPR Papua Nyatakan Tolak Transmigrasi

share on:
Demo Mahasiswa Papua di DPR Papua - Jubi/Arjuna
Demo Mahasiswa Papua di DPR Papua – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – DPR Papua menyatakan menolak rencana pemerintah pusat menjadikan Papua sebagai daerah transmigasi.

Anggota DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, pihaknya dengan tegas menolak transmigrasi karena hanya akan membuat orang asli terpinggirkan di tanahnya sendiri.

“Pergumulan rakyat Papua adalah pergumulan kami juga. Kami anak negeri, kami tahu masalah di tanah ini. Kebenaran tak akan pernah kami tutupi. Kami juga dengan tegas menolak transmigrasi,” kata Yunus Wonda di hadapan ratusan mahasiswa Papua yang demo menolak transmigrasi ke Papua, Senin (17/11).

Menurutnya, DPR Papua akan menyurati pemerintah pusat agar tak menjadikan Papua, provinsi tujuan transmigrasi. DPR Papua kata Yunus, akan selalu menolak setiap kebijakan pemerintah pusat yang tak menguntungkan Orang Asli Papua.

“Kami akan menolak semua kebijakan yang tak menguntungkan orang Papua. Kami akan perjuangkan agar tak ada transmigrasi di atas tanah Papua. Kami butuh dukungan dari semua rakyat Papua karena kami dipilih untuk mewakili rakyat Papua. Tak ada lagi yang bisa dibanggakan,” ucapnya.

Mantan Wakil Ketua I DPR Papua periode sebelumnya itu, juga meminta mahasiswa agar menjelaskan kepada masyarakat di kampung mengenai dampak pemekaran.

Katanya, selama ini parlemen Papua banyak menerima aspirasi, namun lembaga itu tahu mana yang harus diperjuangkan dan yang tidak.

“Semua kebijakan untuk Papua harus bisa menyejahterakan orang Papua. Kami sudah miskin, jangan lagi kami tampung beban. Masa depan bukan ada di kami tapi di generasi Papua berikutnya,” katanya.

Sementara perwakilan mahasiswa Umel Mandiri, Yohanes Magai mengatakan, transimigrasi hanya membuat orang asli Papua tersisih.

Katanya, mahasiswa Papua meminta DPR Papua agar dalam sidang paripurna perdana anggota parlemen Papua periode 2014-2019, yang harus pertama dibahas mengenai kependudukan.

“Harus ada Perdasus kependudukan yang membatasi orang dari luar masuk ke Papua. Perlu ada regulasi. Orang-orang yang dikirim ke Papua bukan orang-orang bodoh. Tapi orang-orang pintar yang justru akan membunuh orang Papua. Kami minta DPR Papua ikut menolak ini. Kalau trans datang, orang Papua akan termarjinalkan, padahal kami adalah pemilik tanah ini,” ucap Yohanes Magai. (Arjuna Pademme)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPR Papua Nyatakan Tolak Transmigrasi