SD YPPK Mupuruka Belum Terapkan Kurikulum 2013

share on:
Para Siswa Sekolah Dasar di Timika, saat karnaval perayaan HUT RI Ke - 68 (Jubi/Eveerth)
Para Siswa Sekolah Dasar di Timika, saat karnaval perayaan HUT RI Ke – 68 (Jubi/Eveerth)

Timika, Jubi – SD YPPK Mupuruka yang berada di Distrik Mimika Barat Jauh, hingga kini belum menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) dan masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Kepala SD YPPK Mupuruka, Gregorius Nerot mengatakan pihaknya belum menerapkan K-13, karena belum mengikuti sosialisasi K-13 dari Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika.

“Untuk KBM-nya berjalan baik, hanya saja belum terapkan K-13 karena belum ikut sosialisasi dari Dispendasbud. Kalau ada dari Dispendasbud infokan, maka kami akan kirimkan semua guru termasuk Kepala Sekolah,” ujar Gregorius, di Timika, Senin (17/11)

Jumlah keseluruhan murid SD YPPK Mupuruka dari kelas 1 hingga 6 di SD YPPK Mupuruka sebanyak 85 orang, yang tersebar di 5 rombongan belajar (rombel). Sedangkan jumlah guru sebanyak 7 orang yang terdiri dari guru PNS satu orang, kontrak dua orang, dan tenaga honor empat orang.

“Harusnya ada enam rombel tapi satu rombel tidak layak. Satu rombel ruangannya dijadikan Kantor dan ruang Guru,” katanya.

Selama ini, proses KBM berjalan sebagaimana mestinya. Keterlambatan disebabkan kendala pada transportasi. Ia berharap, pihaknya dapat mengikuti sosialisasi K-13, sehingga bisa diterapkan di sekolahnya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika, Nilus Leisubun mengatakan, persoalan pokok yang perlu mendapat prioritas penanganan pertama dari Pemda adalah meningkatkan kapasitas manajemen kepala sekolah, karena, tanggung jawab sekolah ada di tangan kepala sekolah.

“Kepala Sekolah inilah yang duluan kita sentuh, sehingga dia bisa membuat satu gambaran perencanaan perubahan baik, ciptakan kondisi sekolah yang baik,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mempercepat peningkatan pendidikan, pihaknya terus bermitra dengan LSM pendidikan.

“Hal-hal kemitraan lain tetap berjalan seperti UNICEF, USAID, KPA, Yappeda, LPMAK, lembaga-lembaga diluar kita bangun kerja sama yang bisa membantu percepatan-percepatan peningkatan pendidikan,” katanya. (Eveerth Joumilena)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SD YPPK Mupuruka Belum Terapkan Kurikulum 2013