Kenaikan BBM, APBD Kota Jayapura Akan Disesuaikan

share on:
Sidang Paripurna DPRD Kota Jayapura membahas RAPBD Kota Jayapura (Jubi/Sindung)
Sidang Paripurna DPRD Kota Jayapura membahas RAPBD Kota Jayapura (Jubi/Sindung)

Jayapura – Kenaikan BBM kali ini akan berdampak pada APBD Kota Jayapura di tahun Anggaran 2015. Hal ini dikatakan Wakil Walikota Jayapura Nuralam.

“Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM)akan berdampak juga pada APBD Kota Jayapura sehingga akan melakukan penyesuaian APBD yang akan dibahas di sidang RAPBD Kota Jayapura 2015 pada Kamis (20/11),” kata Nuralam, Rabu (19/11).

Menurut Nuralam, acuan belanja daerah khususnya proyek fisik (infrastruktur) atau proyek pengadaan lainya masih menggunakan standar satuan harga sebelum naiknya harga BBM, sehingga dengan adanya kenaikan harga BBM otomatis standar harga satuan berubah karena dipengaruhi oleh harga pasar.
“Ya satu minggu kedepan ini kami dari eksekutif dan legislatif akan melakukan sidang pembahasan rancangan APBD 2015. Dan ini secara pribadi sudah saya pikirkan untuk kita merevisi angka-angka khususnya untuk proyek infrastruktur dan pengadaan,” ungkap Nuralam.

Selanjutnya Nuralam menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa mengestimasi berapa kenaikan dalam perubahan nilai APBD Kota Jayapura 2015 mendatang.
“Kita belum bisa estimasi, memang kalau dilihat dari berita selama dua hari ini kenaikan harga di pasaran mencapai hingga 5-10 persen. Dan permasalahannya kami dari eksekutif dan legislatif sudah membahas angka-angka dalam RAPBD 2015, sehingga ini yang akan kami revisi, menyesuaikan harga pasaran yang ada,” tambahnya.

Hal yang sama di kemukakan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Asset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura, Bambang Wirawan. Bambang mengatakan perubahan asumsi yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung mendapatkan dampak dari kenaikan BBM akan dievaluasi kembali.
“untuk perubahan ini tentunya akan dilakukan perubahan di Anggaran Belanja Tambahan sebab tidak bisa dilakukan di APBD Induk. Kalau toh nanti tidak mencukupi kualitas dan kuantitas kita akan lakukan revisi yng diatur undang-undang,” ujarnya. (Sindung Sukoco)

Tags:
Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kenaikan BBM, APBD Kota Jayapura Akan Disesuaikan