Pertama di Pasifik, Klinik Mata Mobile di Fiji

share on:

urlJayapura, Jubi – Masyarakat Fiji akan segera memiliki Klinik Mata Mobile pada 2015 mendatang. Fasilitas kesehatan masyarakat ini merupakan klinik mata mobile yang pertama di pulau dengan penduduk kurang dari satu juta itu.

Berdasarkan laporan RNZ, Klinik Mata mobile itu akan disediakan oleh pihak swasta, yakni yayasan Fred Hollows Selandia Baru untuk masyarakat di daerah terpencil di Kepulauan Fiji.

Direktur Eksekutif Fred Hollows Selandia Baru, Andrew Bell mengatakan, pihaknya ingin membawa manfaat kesehatan yang besar kepada penduduk di seluruh Kepulauan Fiji, terutama bagi mereka yang menghadapi rintangan dalam akses bagi orang-orang dengan masalah mata. Ia berharap, klinik baru itu akan menjangkau lebih banyak orang di daerah terpencil.

Andrew Bell mengatakan, layanan mobile akan menawarkan pemeriksaan mata gratis, operasi katarak, dan pengobatan laser. “Itu adalah pertama untuk wilayah Pasifik,” kata Bell seperti dikutip RNZ, Kamis (20/11).

“Jadi, setengah dari fasilitas ini adalah sebuah teater bedah. Setengah lainnya memiliki kapasitas perawatan laser untuk mengobati pasien yang menderita retinopati diabetik. Jadi, kami mengantisipasi bahwa hal itu akan memiliki dampak perawatan kesehatan primer sangat besar karena itu akan skrining penyakit mata pasien juga untuk diabetes,” Andrew Bell menjelaskan. (Yuliana Lantipo)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pertama di Pasifik, Klinik Mata Mobile di Fiji