Distribusi KPS Tertunda, Tunggu Rapat UP2KP

share on:
Kepala Unit Forensik RSUD Biak, dr. Isack Reba, Sp,KF,MH.Kes,  sedang berbincang dengan dua relawan UP2KP, Roy Kondini dan Kristina da Costa serta beberapa petugas RSUD Biak
Kepala Unit Forensik RSUD Biak, dr. Isack Reba, Sp,KF,MH.Kes, sedang berbincang dengan dua relawan UP2KP, Roy Kondini dan Kristina da Costa serta beberapa petugas RSUD Biak (Jubi/Marten Boseren)

Biak, Jubi – Hingga saat ini pendistribusian Karta Papua Sehat (KPS) kepada masyarakat masih belum dilakukan lantaran KPS belum diberikan nomor registrasi. Rencananya, Pemberian nomor registrasi pada KPS akan dilakukan pada tanggal 30 November 2014 di Jayapura pada rapat kerja Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP).

“Penomoran akan diberikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giay,M.Kes bersama tim inti UP2KP,” kata salah satu relawan Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan ( UP2KP ) Biak-Supiori, Roy Kondini, ketika ditanya Jubi Sabtu,(21/11) siang.

Bukan hanya pendistribusian KPS yang  belum dilakukan ke semua kabupaten/kota di Papua, tetapi Pendirian Pos Kontak Layanan Pengaduan Masyarakat juga belum dilakukan di semua kabupaten / kota pula di Papua.

“Jika pendistribusian fisik KPS sudah selesai dilakukan,selanjutnya akan dilakukan pendirian pos kontak layanan pengaduan masyarakat.,” jelas Roy kepada Jubi tentang arahan Kadis Kesehatan Papua.

Untuk itu kepada seluruh masyarakat Biak-Supiori mewakili Tim UP2KP, ia meminta untuk bersabar. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, KPS yang dinanti-nantikan sudah di distribusikan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya oleh Dinas Kesehatan Biak maupun Supiori.

Di tempat yang sama Kristina da Costta, Staff Sekretariat UP2KP mengatakan untuk warga yang tidak mendapat KPS lantaran fisik KPS yang terbatas, tidak perlu ragu untuk berobat ke rumah sakit. Rumah sakit akan tetap melayani meskipun tidak memiliki KPS, mereka akan dilayani dengan KTP.

“Apalagi yang asli Papua tidak perlu ragu karena secara fisik sudah jelas sekali tinggal kasi tahu namanya saja kalau tidak ada KTP langsung dilayani,” ujar Kristin da Costta.  (Marten Boseren)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Distribusi KPS Tertunda, Tunggu Rapat UP2KP