Pemkab Mamteng Diingatkan Pergunakan APBD Sebaik Mungkin

share on:
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mamberamo Tengah, Agustinus Gundigi - Jubi/Arjuna
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mamberamo Tengah, Agustinus Gundigi – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – DPRD Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, mempergunakan APBD setempat pada 2015 yang nilainya  mencapai Rp900 miliar, sebaik mungkin.

Wakil Ketua DPRD Mamteng, Agustinus Gundigi mengatakan, pihaknya berharap pemerintah daerah mempergunakan APBD itu sesuai peruntukkannya. Pemkab setempat harus  memprioritaskan apa yang sudah direncanakan. Apalagi APBD Mamteng pada tahun mendatang, mengalami peningkatan signifikan dari tahun anggaran sebelumnya yang hanya Rp600 miliar.

“Misalnya untuk pembangunan jalan penghubung antar distrik. Juga jalan Kobakma, yang merupakan penghubung antar Kabupaten Jayawijaya dengan Mamberamo Tengah. Kami harap bupati melakukan pembangunan seperti janji politiknya,” kata Agustinus Gundigi kepada Jubi, Senin (24/11).

Katanya, secara kasat mata, pembangunan fisik sudah mulai nampak di wilayah itu. Aksesa jalan sudah mulai ada perubahan dan perbaikan. Hanya saja beberapa jalan penghubung antar distrik, hingga kini pengerjaannya belum rampung, masih dalam tahap pengerjaan.

“APBD tahun depan ada peningkatan. Semoga kekurangan yang belum terjawab bisa dilaksanakan dan dana APBD itu dipergunakan sebaik mungkin serta tepat sasaran. Apalagi akses di sana masih sulit, sehingga tak gampang merubah wajah Kabupaten Mamberamo Tengah,” katanya.

Pada suatu kesempatan, Bupati Mamteng, Ricky Ham Pagawak mengatakan, selama kepemimpinannya, berbagai terobosan terus ia lakukan. Dibidang infrastuktur, yaitu membuka ruas jalan Ilugwa-Kobakma, Eragayam-Kobakma, peningkatan ruas jalan Ilugwa-Kobakma dan ruas jalan menuju Distrik Kelila.

“Di sektor  ekonomi kerakyatan kami mendorong instansi teknis seperti Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perikanan dan Peternakan untuk memberikan bibit ternak dan ikan kepada petani. Sedangkan Dinas Perindustrian Perdagangan  Koperasi dan Usaha Kecil Menengah  memberikan modal usaha bagi masyarakat asli Papua yang memiliki usaha  seperti kios dan koperasi,” kata Ham Pagawak kala itu. (Arjuna Pademme)

 

Editor : Dominggus Mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Mamteng Diingatkan Pergunakan APBD Sebaik Mungkin